Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2018, 18:31 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com – Fenomena embun es yang menyelimuti kawasan Dieng, Jawa Tengah beberapa pekan lalu ternyata memunculkan ketertarikan pengunjung.

Tidak sedikit warga yang justru antusias untuk melihat embun es itu, terutama ketika saat gelaran Dieng Culture Festival (DCF) 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jateng, Urip Sihabudin mengatakan, fenomena embun es di Dieng bukan menjadikan masyarakat takut. Lebih dari itu, fenomena itu justru membuat warga penasaran dan ingin melihat sendiri.

Baca juga: Ada Manisan Cabe di Dieng, Berani Coba?

Oleh karena itu, menurut Urip, sejumlah tiket yang disediakan untuk melihat salah satu kegiatan Jazz Atas Awan sudah ludes terjual.

Candi Arjuna, salah satu destinasi wisata di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Foto diambil pertengahan November 2017.KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Candi Arjuna, salah satu destinasi wisata di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Foto diambil pertengahan November 2017.
“Fenomena embus es saya tanya ke panitia DCF, itu mempengaruhi nggak? Tapi kata panitia justru antusiasime meningkat, karena penasaran dengan embun es,” kata Urip, Kamis (26/7/2018).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, DCF pada tahun ini digelar pada 3-5 Agustus 2018. Sejumlah rangkaian kegiatan dipersiapkan, di antaranya 'Jazz Atas Awan', Kongkow Budaya, Sendratari Dieng, Pentas Tari Tradisional, Pesta Lampion, Kirab dan Parade Budaya hingga Pencukuran Rambut Gimbal.

Baca juga: Homestay Dadakan Masih Jadi Andalan di Dieng

Di gelaran tahun ini, juga ada tambahan berupa Festival Tumpeng hingga Festival Domba. Urip menambahkan, untuk tiket Jazz Atas Awan, sudah ludes terjual jauh sebelum pelaksaanan.

Menikmati matahari pagi di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Foto diambil pertengahan November 2017.KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Menikmati matahari pagi di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Foto diambil pertengahan November 2017.
Kepada calon pengunjung, Urip berharap mereka bisa menikmati kegiatan di festival DCF yang lainnya. Banyak atraksi budaya yang menarik diikuti.

"Kalau itu tiket Jazz Atas Awan sudah sold out sejak lama, tapi acara tidak hanya itu. Pengunjung pun bisa sampai ratusan ribu," katanya.

Baca juga: Asal Muasal Legenda Rambut Gimbal

Urip memaparkan, persiapan pelaksanaan DCF sudah matang dan mendekati 100 persen. Kegiatan yang diinisiasi oleh Pokdarwis ini sudah siap dan terkoordinasi dengan baik dengan pemerintah.

Destinasi wisata Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Foto diambil pertengahan November 2017.KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Destinasi wisata Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Foto diambil pertengahan November 2017.
Sementara terkait akses ke Dieng, kini pegunjung bisa memilih berbagai alternatif lokasi. Akses ke Dieng tidak hanya dapat melalui Banjarnegara atau Wonosobo. Akses juga bisa melalui Batang, Jawa Tengah.

"Persiapan sampai sekarang sudah hampir 100 persen. Termasuk akses dan amenitas seperti homestay. Karena masyarakat sudah rutin terlibat dalam event yang besar ini," tambah Urip.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com