Festival Sajian Sate Gurita Khas Bengkulu Catat Rekor Dunia

Kompas.com - 31/07/2018, 10:10 WIB
Festival sajian sate terbanyak di Kabupaten Kaur, BengkuluKOMPAS.COM/FIRMANSYAH Festival sajian sate terbanyak di Kabupaten Kaur, Bengkulu

BENGKULU, KOMPAS.com - Manajer Museum Rekor Indonesi (Muri), Andre Purwandano menyebutkan festival sajian sate gurita terbanyak di Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu mencatat rekor dunia.

"Ini masuk catatan rekor dunia. Karena sate gurita terbanyak belum ada di dunia. Ini pertama kalinya," kata Andre, Senin (30/72018).

Festival sajian sate gurita terbanyak di Kabupaten Kaur awalnya ditargetkan tercatat di Muri saja secara nasional tetapi hasil verifikasi Muri ternyata bukan saja di Indonesia. Bahkan dunia belum pernah dilakukan kecuali di Kaur.

Adapun jumlah sate gurita melebihi target yang disiapkan Pemda Kaur sebanyak 5.000 tusuk.

"Setelah kami hitung jumlahnya lebih dari target lima ribu tapi 6.011 tusuk," tambah Andre.

Sebelumnya ada juga festival semacam ini tapi berbahan baku kerang. Selanjutnya sate ayam sangat banyak pernah dilakukan. Namun untuk gurita baru pertama kali di Kabupaten Kaur.

Festival sate gurita dengan sajian terbanyak diselenggarakan bersamaan degan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXV dengan tuan rumahnya Kabupaten Kaur.

Gurita menurut Bupati Kaur, Gusril Pausi, merupakan hasil laut andalan Kaur. Ada banyak olahan kuliner berbahan baku gurita seperti sate, juga nasi goreng tinta gurita.

"Ini merupakan kuliner andalan Kabupaten Kaur. Dengan dicatat di musium rekor Indonesia diharapkan berdampak pada mendongkrak destinasi wisata Bengkulu," ujar Gusril.

Ia katakan kegiatan ini salah satu upaya mendukung visit Bengkulu dan Wonderful Bengkulu 2020.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X