Kompas.com - 20/09/2018, 10:06 WIB
Berbagai kuliner unik yang disajikan dalam acara Kaum X Arumdalu selama sebulan di Kaum Resto, Sudirman, Jakarta, Selasa (18/9/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIABerbagai kuliner unik yang disajikan dalam acara Kaum X Arumdalu selama sebulan di Kaum Resto, Sudirman, Jakarta, Selasa (18/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda mendengar sogum, jali-jali, atau jewawut? Ya, nama-nama itu adalah jenis biji-bijian yang dahulu sempat dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai pengganti nasi.

Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah dan aneka ragam hasil alam yang bisa dijadikan makanan, baik itu makanan pokok, maupun makanan tambahan. Sebut saja sagu, jagung, ubi, singkong, termasuk jali-jali, jewawut, atau sogum.

Hal inilah yang membuat Albert Arron Pramono, CEO Arumdalu farm mengembangkan laboratorium kecilnya, untuk mencari tahu potensi bahan makanan lain yang tersedia di Indonesia.

"Ternyata tanaman yang tumbuh di Indonesia itu 'gila', kalau diteliti banyak yang memilki gizi tinggi," kata Albert saat acara Kaum X Arumdalu, di Kaum Resto Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Ia menyebutkan tanaman ganyong (Canna indica) yang memiliki kandungan karbohidrat dan kalsium tinggi, bisa digunakan untuk tepung, mi, dan kue-kue.

Ayam bakar isi tempe, kuliner yang disajikan dalam acara Kaum X Arumdalu selama sebulan di Kaum Resto, Sudirman, Jakarta, Selasa (18/9/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Ayam bakar isi tempe, kuliner yang disajikan dalam acara Kaum X Arumdalu selama sebulan di Kaum Resto, Sudirman, Jakarta, Selasa (18/9/2018).
Lalu ada jali-jali yang tumbuh di daratan Asia. Menurut datanya, sejak 2000 tahun lalu pangan ini jadi komoditi terpenting di China sebelum tersebarnya padi dan jagung.

Saat ini masih digunakan untuk campuran nasi, sereal, bubur, oatmeal, yang dipercaya bisa mengatasi susah buang air besar hingga kanker.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain dua itu, masih ada delapan lainnya yang dipamerkan dalam acara Kaum X Arumdalu. Arumdalu dan Kaum Resto sepakat akan terus mengenalkan, meriset kegunaan dan khasiat di balik 10 tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia itu.

Menurut Lisa Virgiano, Brand Director Kaum Resto, aneh jika Indonesia yang alamnya kaya harus terlalu bergantung dari nasi. Padahal, bahan pangan dengan gizi tinggi lainnya tersedia dengan mudah di negara ini.

"Tanaman-tanaman unik yang tumbuh di Indonesia dengan gizi tinggi, sangat bisa menjadi opsi pangan lokal, sehingga masyarakat di daerah tertentu dapat mandiri dan mengembangkan kulinernya," tutur Albert yang kini memfokuskan Arumdalu Farm sebagai Konsultan Enginering Ekosistem.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.