Kompas.com - 01/10/2018, 21:17 WIB


TANGERANG, KOMPAS.comKampung Bekelir, begitu nama tempat ini. Kampung yang terletak di Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Banten ini dulu merupakan tempat yang kumuh. Namun, kini Kampung Bekelir telah bersolek menjadi destinasi cantik nan instagramable.

KompasTravel berkunjung ke Kampung Bekelir bersama rekan lainnya dalam acara Sehari Bertani dari Crowde dan Kultara.

Berkunjung ke Kampung Bekelir dalam acara Sehari Bertani dari Crowde dan Kultara, di Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Berkunjung ke Kampung Bekelir dalam acara Sehari Bertani dari Crowde dan Kultara, di Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018).

Perjalanan saya dimulai pada Minggu (30/9/2018) pagi sekitar pukul 08.30. Dari Jakarta ke Kampung Bekelir ditempuh sekitar kurang lebih sekitar satu jam.

Sesampainya di sana, saya melihat deretan rumah padat penduduk yang bewarna-warni. Mulai dari dinding, pagar, hingga atapnya.

Meski padat dengan rumah penduduk, Kampung Bekelir ini terlihat bersih dan tak terlihat tumpukan sampah.

Kampung Bekelir, kampung kumuh yang kini telah bertransformasi menjadi kampung warna-warni yang instagramable, di Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Kampung Bekelir, kampung kumuh yang kini telah bertransformasi menjadi kampung warna-warni yang instagramable, di Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018).

Kampung Bekelir juga memiliki seni mural di tembok-tembok rumah penduduk. Lurah Babakan, Abu Sofiyan, mengatakan terdapat 300 rumah yang dicat warna-warni.

“Selain dicat, ada juga 1.220 gambar mural. Terdapat empat RT di sini, dalam satu RW terdiri dari 375 Kepala Keluarga dan 1.320 jiwa dengan luas Kampung Bekelir sekitar empat hingga delapan hektar,” ujar Sofiyan saat ditemui di Kampung Bekelir.

Tenda pedagan di tepian Sungai Cisadane, Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Tenda pedagan di tepian Sungai Cisadane, Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018).

Di seberang perumahan penduduk terdapat aliran Sungai Cisadane. Tepian sungai itu pun kini dibuat sebagai tempat wisata kuliner

Tak sabar rasanya ingin berkeliling kampung tersebut. Tetapi sebelum berkeliling, saya pun mengabadikan tulisan Kampung Bekelir yang ada di tepi sungai.

Di sepanjang tepian sungai, terdapat taman dan tenda-tenda para pedagang yang menyajikan ragam kuliner. Namun sayang, para pedagang baru mulai berjalan pada sore hingga malam hari.

Warga membuat nasi ulam di Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Warga membuat nasi ulam di Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.