Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daerah di Indonesia yang Gemar Cari Informasi Wisata di Internet

Kompas.com - 10/10/2018, 17:09 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia gemar menelusuri rekomendasi seputar wisata di dunia maya. Lewat data Google, Januari 2017 sampai Juli 2018 pertumbuhan penelusuran wisata tidak hanya dilakukan oleh penduduk di kota-kota besar.

"Top cities seperti Jakarta, Bandung Surabaya, Medan memang paling tinggi untuk penelusuran wisata, tetapi untuk secondary cities pencarian wisata pertumbuhannya naik drastis dari tahun lalu," kata Industry Manager Travel Google Indonesia, Zulfi Rahardian di acara Media Briefing Tren Digital Travelling 2018 di Kantor Google Indonesia, Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Zulfi memaparkan, pertumbuhan penelusuran wisata di kota-kota besar hanya naik 18 persen dari tahun sebelumnya. Untuk kota-kota seperti Pekanbaru, Padang, Bandar Lampung, Pontianak, Balikpapan, Solo, Malang, Badung (Kuta) naik sampai 48 persen.

Penelusuran wisata di Google oleh orang Indonesia umumnya berdasarkan tiga kategori yaitu atraksi wisata, kuliner lokal, dan tempat belanja lokal.

Destinasi dalam negeri yang paling banyak dicari adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Badung (Kuta, Bali), Malang, Semarang, Bogor, Medan, dan Bandung Barat (Lembang).
Sementara, Labuan Bajo, Malang, dan Sumba memiliki peningkatan jumlah penelusuran yang signifikan dari Januari 2017-Juli 2018.

Destinasi luar negeri yang paling banyak dicari adalah Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Tokyo, Hongkong, Dubai, Seoul, Sydney, Paris, dan Melbourne.

Zulfi juga menambahkan angka pencarian terkait wisata yang konsisten dapat mencerminkan ketertarikan masyarakat Indonesia untuk tetap pelesiran meskipun nilai tukar rupiah melemah terhadap dollar Amerika Serikat.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com