4 Pantai di Pacitan yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Kompas.com - 06/11/2018, 19:18 WIB
Salah Satu Pantai Cantik di Pacitan, Pantai BuyutanKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Salah Satu Pantai Cantik di Pacitan, Pantai Buyutan

PACITAN, KOMPAS.com - Libur hari Natal dan tahun baru semakin dekat. Periode liburan yang juga disebut sebagai libur akhir tahun tersebut hampir selalu dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur. Sudahkah Anda merencanakan tujuan saat libur akhir tahun besok?

Jika masih bingung mau ke mana, maka Pacitan bisa menjadi alternatif tujuan untuk mengisi libur akhir tahun. Pacitan punya panorama pantai-pantai yang tak kalah cantik dengan pantai di Bali.

Berikut ini enam pantai di kota berjuluk Kota 1001 Gua yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Banyu Tibo

Keunikan Pantai Banyu Tibo dengan Air Terjunnya di Tepi LautKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Keunikan Pantai Banyu Tibo dengan Air Terjunnya di Tepi Laut
Keindahan pantai di Pacitan dimulai dari sebelah baratnya, yakni Pantai Banyu Tibo. Pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini merupakan salah satu pantai paling barat Pacitan. 

Pantai ini juga memiliki ciri khas tersendiri. Keunikan itu tersurat dari nama "Pantai Banyu Tibo" yang berarti “Pantai Air Terjun”. Sesuai namanya, terdapat air terjun yang mengalir tepat di pantai pasir putihnya. 

Pengunjung bisa turun ke bawah dan merasakan kesegaran air terjun sambil berpijak di atas pasir yang lembut. Di sana, wisatawan juga bisa membersihkan diri setelah bermain air laut.

Fasilitas di Pantai Banyu Tibo pun sudah cukup lengkap. Di sana ada toilet, kamar mandi, hingga warung makan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Wisatawan dikenakan biaya Rp 10.000 untuk masuk ke Pantai Banyu Tibo.

2. Pantai Buyutan

Keindahan Panorama Pantai Buyutan dari KetinggianKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Keindahan Panorama Pantai Buyutan dari Ketinggian
Pantai Buyutan juga berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Pantai ini terletak di sebelah timur Pantai Banyu Tibo. 

Sebelum sampai bibir pantai, pengunjung akan disuguhkan oleh keindahan panorama pantai dari ketinggian berupa hamparan pasir putih yang memanjang.

Suasana pantai di tengah hamparan pasir putih Pantai Buyutan seolah membuat tak ingin pulang. Begitu sampai di bibir pantai, air laut serasa memanggil.

Ketika berjalan menyusuri pantai ini, pandangan mata tidak lepas dari gugusan batu karang yang turut menghias panorama. Di sana ada, salah satu batu karang itu berbentuk unik seperti mahkota.

Masyarakat setempat menamainya “Watu Narada” atau “Batu Narada” karena menyerupai mahkota Dewa Narada, salah satu tokoh dalam pewayangan Jawa.

Luasnya hamparan pasir putih pantai Buyutan juga membuatnya cocok digunakan sebagai tempat berkemah.

Fasilitas penunjang wisata di pantai ini juga cukup lengkap, mulai dari warung makan, toilet, hingga kamar mandi. 

Halaman:



Close Ads X