Kompas.com - 15/12/2018, 08:03 WIB
Sauerkraut, kol fermentasi yang terkenal dari Jerman. Dok.BBCSauerkraut, kol fermentasi yang terkenal dari Jerman.


JAKARTA, KOMPAS.com -  Sayur kol selain nikmat disantap sebagai pendamping makanan juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan. Bahkan sampai bagian bonggol kol sendiri dapat diolah menjadi makanan nikmat dan bergizi.

Berikut adalah 10 olahan saran sayur kol dari Corporate Chef Parador Hotels & Resorts, Gatot Susanto yang dihubungi KompasTravel, Jumat (14/12/2018).

1. Sauerkraut

Olahan kol yang terkenal dari Jerman. Merupakan kol fermentasi dengan lactic acid bacteria. Makanan ini disebutkan bermula sebelum zaman lemari pendingin ditemukan. Cocok dimakan sebagai salad, ditumis, dicampur kentang tumbuk, sampai jadi pendamping makan daging.

2. Cabbage Roux

Gatot menyarankan untuk mengolah bonggol kol, dihancurkan sampai halus kemudian dicampur di roux yang terbuat dari mentega, tepung, dan susu. Cara pembuatannya persis seperti kentang tumbuk.

3. Kol Cake

Kalau ada fishcake alias otak-otak ikan halus, bisa juga membuat kol cake. Caranya dengan mencapur kol dengan margarin dan tepung, kemudian bakar atau bakar diteflon. Untuk versi non vegetarian bisa tambahkan daging ayam atau daging ikan cincang.

4. Sate Kol

Alternatif sate untuk vegetarian. Caranya blender kol, tiriskan airnya sampai benar-benar kering, campur dengan tepung, bentuk layaknya sate dan gunakan tusuk sate. Bakar kemudian santap dengan sambal segar.

Lumpia gorengTaste of Asian Lumpia goreng

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

5. Lumpia

Mengisi lumpia dengan kol tumis juga bisa dilakukan, jika ingin rasa yang lebih mantap tambahkan sayuran lain dan daging tumis.

6. Rempeyek

Buat rempeyek kol juga nikmat. Buat adonan peyek, campurkan kol. Semakin garing dan manis.

7. Opor

Opor kol, menurut Gatot, dapat menjadi campuran gudeg. Hanya tinggal tambahkan krecek dan areh. Ini juga daapat menjadi alternatif gudeg vegetarian.

8. Tumis Kol

Sama seperti sayuran lain, sayur kol juga dapat ditumis menjadi hidangan yang nikmat. Kadang ada yang menambahkan telur orak arik atau bakso untuk menambah variasi rasa.

9. Jus

Cobalah untuk membuat jus kol putih, kemudian ditambahkan jus kol merah dalam satu gelas. Jadilah kol merah putih yang cantik. Untuk menyeimbangkan rasa getir kol, Gatot menyarankan untuk menambahkan buah lain seperti perasan lemon, nanas, atau timun.

10. Es Krim

Es krim sayuran sudah bukan hal asing. Kol juga dapat dimanfaatkan menjadi es krim dengan tambahan susu dan produk tambahan es krim.   



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.