5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Membawa Bagasi Kabin

Kompas.com - 18/01/2019, 09:04 WIB
Ilustrasi koperThinkstockphotos.com Ilustrasi koper

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagasi kabin terbilang salah satu penyelamat saat ingin cepat dan menghemat biaya. Membawa bagasi kabin berarti tidak perlu menunggu antrean bagasi keluar pesawat. Selain itu, Anda tak perlu membayar bagasi tambahan.

Sayangnya, kapasitas bagasi kabin terbilang terbatas. Jadi Anda harus pintar dalam memilah barang bawaan. Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat memabawa bagasi kabin, yang semakin menyulitkan dalam mengepak dan membawa bagasi. Berikut kesalahan tersebut.

1. Salah Pilih Ukuran Tas

Saat memilih ukuran tas atau koper untuk bagasi kabin harus sesuai dengan aturan maskapai. Terlalu besar justru akan menjadi "senjata makan tuan". Niat beruntung malah buntung lantaran bagasi yang terlalu besar harus dimasukan ke bagasi pesawat.

2. Bawa Cairan dan Gel Melampaui Batas

Khusus penerbangan luar negero ada aturan yang berlaku tentang batasan membawa cairan dan gel. Berdasarkan Transport Security Administration (TSA) batas yang diizinkan adalah 100 mililiter per kemasan. Jika membawa dalam ukuran lebih, ada baiknya mengumpulkan bagasi dari awal check in.

3. Bawa Barang Terlarang

Aturan lain untuk barang bawaan kabin adalah dilarang membawa benda berbahan potensi meledak, semprotan pembela diri, benda tajam termasuk pisau, gunting, dan jarum.

Paling sial ketika membawa barang tajam berharga mahal dan disita. Jadi periksa kembali bawang bawaan di bagasi kabin Anda.

4. Terlalu Banyak Barang Bawaan

Terlalu banyak bawang bawaan bagasi kabin berakibat bobot tas melampaui aturan maskapai. Ada banyak maskapai di dunia yang mengharuskan bagasi kabin ditimbang.

Baiknya jika memang ingin pulang dengan barang bawaan lebih atau suvenir, beri tempat kosong saat berangkat.

5. Tidak Mengamankan Tas

Kasus pencurian di atas pesawat mulai banyak terjadi. Setelah melalui pemeriksaan di bandara, amankan tas kabin Anda dengan gembok atau tali pengikat otomatis.

Jangan lupa pakailah tas kecil untuk memisahkan paspor, uang, dan alat berharga lain yang dapat Anda bawa saat duduk atau ke toilet.

 




Close Ads X