Perdana, Bus Trans Jawa Beroperasi untuk Rute Jakarta-Semarang-Solo

Kompas.com - 14/02/2019, 18:02 WIB
Bus trans Jawa berjenis double decker yang dioperasikan oleh PO Putera Mulya Sejahtera resmi mengaspal per Kamis (14/2/2019)KOMPAS.COM/VINTORIO MANTALEAN Bus trans Jawa berjenis double decker yang dioperasikan oleh PO Putera Mulya Sejahtera resmi mengaspal per Kamis (14/2/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertempat di Terminal Pulogebang Jakarta Timur, Kamis (14/2/2019) pagi, bus Trans Jawa memulai perjalanan perdana rute Jakarta-Semarang-Solo.

Bus Trans Jawa yang meluncur perdana pagi ini dioperasikan oleh PO Putera Mulya Sejahtera, bekerja sama dengan United Tractors dan redBus.

Dengan kata lain, bus ini bukan pemegang tunggal izin bus yang beroperasi di sepanjang Tol Trans Jawa. Bukan tidak mungkin, kelak langkah ini bakal diikuti oleh PO lainnya.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan sebelum mengoperasikan bus ini. Kami ingin membantu Kementerian Perhubungan untuk memperoleh informasi komprehensif terkait kajian yang masih disusun oleh mereka dalam mempersiapkan rancangan umum transportasi seiring beroperasinya Tol Trans Jawa,” ujar pimpinan Putera Mulya Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan.

Pada kesempatan terpisah, Kasubdit Angkutan Barang Kementerian Perhubungan Deny Kusdyana menyambut baik operasionalisasi bus trans Jawa oleh PO swasta.

Deny menyebut, beberapa PO swasta memang layak mengoperasikan bus trans Jawa karena sudah melayani penumpang melalui Tol Trans Jawa sebelum diresmikan.

Baca juga: Intip Kursi Bus Paling Mewah, Adopsi dari Business Class Pesawat

Namun, Deny mengaku pihaknya belum merampungkan kajian mengenai rencana optimalisasi bus trans Jawa, berkaitan dengan titik naik-turun penumpang terdekat dengan Tol Trans Jawa, agar bus trans Jawa semacam ini tidak perlu keluar-masuk tol.

Sebelumnya, PO Putera Mulya Sejahtera telah mengoperasikan rute yang sama di sore hari. Langkah meambahan jadwal pemberangkatan merupakan upaya perusahaan otobus ini mengisi kekosongan bus jurusan Jakarta-Semarang-Solo PP pada pagi hari.

Kasubdit Angkutan Barang Kementerian Perhubungan RI menghadiri peresmian operasionalisasi perdana bus trans Jawa bersama sejumlah pimpinan perusahaan terkait di Terminal Pulogebang, Kamis (14/2/2019).KOMPAS.COM/VINTORIO MANTALEAN Kasubdit Angkutan Barang Kementerian Perhubungan RI menghadiri peresmian operasionalisasi perdana bus trans Jawa bersama sejumlah pimpinan perusahaan terkait di Terminal Pulogebang, Kamis (14/2/2019).

Bus yang diberangkatkan berjenis double decker alias bus tingkat Scania K410IB dengan kapasitas 38 kursi di lantai atas dan 6 kursi VIP di bawah. Sempat ramai pula di jagat maya, calon penumpang dapat memesan tiket promo secara daring seharga Rp 50.000 yang berlaku untuk perjalanan tanggal 14-18 Februari 2018 melalui aplikasi redBus.

Namun, tiket tersebut sudah ludes terjual sebelum waktu keberangkatan perdana hari ini.

Ke depannya, bus double decker Putera Mulya Sejahtera bakal melayani dua perjalanan pulang-pergi rute Jakarta-Semarang-Solo dan sebaliknya pada pagi hari.

Dari Jakarta, bus berangkat dari Pondok Pinang pukul 05.30, Pulogebang 06.30, Bekasi Timur 07.15, Cikarang 07.45, kemudian langsung menuju Semarang dan Solo dengan estimasi waktu tempuh 6 dan 7,5 jam dalam keadaan lancar.

Dari arah sebaliknya, bus meninggalkan Terminal Tirtonadi pada pukul 07.00, Semarang 08.30, menuju Cikarang, Bekasi Timur, dan Pulogebang.




Close Ads X