Jalur Menuju Bromo Ditutup Selama Nyepi, Cobalah ke Puncak B29

Kompas.com - 05/03/2019, 12:39 WIB
Pemandangan Bromo dari Penanjakan Kompas.com/Luthfia Ayu AzanellaPemandangan Bromo dari Penanjakan

KOMPAS.com - Kawasan Wisata Gunung Bromo  di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, akan ditutup selama Hari Raya Nyepi, yaitu pada 7-8 Maret 2019.

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Rabu (27/2/2019), wisata Bromo akan ditutup mulai pukul 05.00 WIB pada Kamis (7/3/2019), hingga pukul 05.00 WIB, Jumat (8/3/2019) esok harinya.

“Penutupan kegiatan wisata Gunung Bromo ini dalam rangka pelaksanaan Catur Bratha Penyepian Tahun Baru Saka 1941-2019 Masehi,”demikian keterangan pada surat edaran TNBTS yang diterima Kompas.com.

Penutupan ini akan diberlakukan untuk segala pintu masuk ke kawasan ini, mulai dari Pintu Masuk Cemorolawang (laut pasir), Pintu Masuk Wonokitri (Penanjakan), hingga Pintu Masuk Coban Trisula.

Kepala Sub Bagian Data Pelaporan dan Humas TNBTS, Sarif Hidayat mengatakan penutupan ini bukanlah yang pertama kali dilakukan. Hal ini dikarenakan masyarakat yang mendiami kawasan Bromo, khususnya suku Tengger mayoritas menganut agama Hindu dan merayakan Hari Raya Nyepi.

Meski jalur wisata menuju kawasan wisata Gunung Bromo ditutup, lanjutnya, wisatawan masih dapat menikmati keindahan Bromo dari lokasi lain.

“Wisatawan bisa ke Puncak B29. Dari sana wisatawan akan tetap dapat menikmati keindahan Gunung Bromo,” ujar Sarif ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (5/3/2019).

Tak haya dapat menikmati nuansa pegunungan, di Puncak B29, wisatawan juga dapat menikmati nuansa kebun sayur hingga panorama matahari terbit yang cantik.

Lalu bagaimana cara menuju Puncak B29?

Wisatawan menikmati panorama Gunung Bromo dan Gunung Batok dari Puncak B29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (11/4/2017). Puncak B29 adalah salah satu spot untuk menikmati momen matahari terbit.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan menikmati panorama Gunung Bromo dan Gunung Batok dari Puncak B29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (11/4/2017). Puncak B29 adalah salah satu spot untuk menikmati momen matahari terbit.
Panduan menuju Puncak B29

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X