5 Kota Terindah di Negeri Sakura

Kompas.com - 14/03/2019, 13:46 WIB
Kastil Koriyama di Nara ketika Musim Semi.Shutterstock Kastil Koriyama di Nara ketika Musim Semi.

KOMPAS.com Jepang merupakan salah satu negara tujuan wisata yang paling terkenal di dunia. Untuk sebuah negara kecil, Jepang merupakan tuan rumah beragam keindahan alam dan keunikan budaya.

Jika berkunjung ke Jepang, inilah 5 kota terindah yang tidak boleh sampai terlewatkan, dilansir dari Theculturetrip.com:

1. Karuizawa

Karuizawa.Shutterstock Karuizawa.

Berada di kaki Gunung Asama yang merupakan salah satu gunung api paling aktif Pulau Honshu, Karuizawa adalah kota resor yang menawan. Kota ini bisa ditempuh satu jam dari Tokyo dengan kereta berkecepatan tinggi.

Kota ini terkenal sebagai destinasi yang romantis karena sejarahnya. Dahulu di sinilah Kaisar Akihito bertemu calon istrinya, Permaisuri Michiko pada tahun 1957.

Baca juga: Mengintip Masjid Tempat Syahrini dan Reino Menikah di Jepang

Selain romantis, kota ini juga merupakan tempat terbaik untuk pendakian dan menikmati sumber air panas. Wisatawan juga bisa berkunjung ke Yacho-no-mori atau Hutan Burung Liar yang merupakan rumah 60 spesies burung berbeda.

2. Nara

Rusa di Nara.Shutterstock Rusa di Nara.

Kota bersejarah ini merupakan ibu kota pertama Jepang dan delapan situs warisan dunia UNESCO. Selain itu, Nara merupakan salah satu kota yang memiliki kekayaan budaya terbanyak di Jepang.

Meski hanya menjadi ibu kota selama sekitar 70 tahun, seni, sastra, dan budaya Jepang tumbuh pesat di Nara yang akhirnya menjadi identitas Negeri Sakura hingga saat ini. Nara bisa ditempuh sekitar satu jam dari Kyoto dan Osaka.

Ada banyak peninggalan sejarah di Nara. Selain kuil, ada banyak rusa di Taman Nara yang dianggap suci. Salah satu ikon Nara lainnya adalah Kuil Todaiji berupa bangunan kayu tempat patung Buddha dari perunggu terbesar di Jepang.

3. Hakone

Gunung Fuji dilihat dari Hakone.Shutterstock Gunung Fuji dilihat dari Hakone.

Kota Hakone berada sekitar 100 kilometer dari Tokyo. Bagian kota ini yang berada di Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu menawarkan lanskap spektakuler berupa pergunungan, danau, dan jalur pendakian.

Satu bagian Hakone, yakni Ashino-ko, terdapat danau dengan panorama indah salah satu ikon Neger Sakura, Gunung Fuji. Bisa dibilang panorama alam di sini adalah salah satu yang paling indah di Jepang.

Hakone juga terkenal dengan onsen (pemandian air panas). Selain itu, ada banyak penginapan tradisional Jepang dan museum seni. Jika berkunjung ke kota ini, lebih baik menginap agar bisa mejelajah semua pesona-nya.

4. Furano

Hamparan bunga lavender di Furano.Shutterstock Hamparan bunga lavender di Furano.

Furano adalah kota kecil di pusat Hokkaido. Kota ini dikenal karena pemandangan tanah pertaniannya yang begitu indah. Jika hendak berkunjung ke Furano, Juli adalah waktu yang tepat karena ladang-ladang kota tengah dipenuhi bunga lavender berwarna ungu.

Saat sedang musim, Furano seakan penuh dengan lavender. Tak hanya memenuhi ladang bagai tulip di Belanda, lavender juga dijadikan suvenir, bahkan ada pula es krim lavender.

Musim dingin pun merupakan saat yang tepat untuk mengunjungi Furano. Kota ini merupakan tempat bermain ski favorit di Jepang. Hal itu karena karakteristik salju yang sangat halus dan lembut.

5. Kagoshima

Panorama di KagoshimaShutterstock Panorama di Kagoshima

Kembaran Napoli di Italia pantas disematkan untuk Kagoshima. Hal itu karena iklimnya yang hangat tumbuhan yang rimbun, dan keramahan penduduk di kota paling selatan Kyusuhu ini.

Panorama terbaik Kagoshima adalah teluk yang berlatar belakang gunung api Sakurajima yang terletak di perairan lepas pantai.



Close Ads X