6 Keuntungan Mudik dengan Transportasi Umum Selain Pesawat

Kompas.com - 25/05/2019, 07:03 WIB
Terminal Tanjung Priok masih kedatangan ratusan pemudik pada Kamis (21/6/2018). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DTerminal Tanjung Priok masih kedatangan ratusan pemudik pada Kamis (21/6/2018).

KOMPAS.com – Saat mudik, transportasi umum selain pesawat seperti bus dan kereta api bisa menjadi solusi saat Anda mudik tidak membawa kendaraan sendiri. Ditambah lagi bila Anda tak membeli tiket pesawat karena tak ramah di kantong, takut naik pesawat, atau bahkan kehabisan tiket.

Tantangan naik transportasi umum selain pesawat adalah Anda akan repot berdesak-desakkan, lama menunggu, kondisi perjalanan yang tidak pasti, dan kegerahan karena mungkin kendaraan yang Anda pilih tidak memiliki AC.

Biarpun begitu, jangan buru-buru mengeluh saat Anda harus naik transportasi umum selain pesawat saat mudik lebaran nanti. Berikut keuntungan yang didapatkan kalau naik transportasi umum:

1. Mengurangi kemacetan

Banyaknya pengguna jalan yang menggunakan kendaraan pribadi saat mudik, rentan menimbulkan kemacetan. Naik kendaraan umum adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan setiap individu untuk membantu mengurangi kemacetan.

2. Menghemat biaya

Menggunakan transportasi umum seperti angkot, bus, ataupun kereta biasanya jauh lebih murah dibandingkan Anda menggunakan kendaraan pribadi. Ini tentunya bisa menjadi salah satu cara, supaya Anda bisa lebih hemat saat mudik Lebaran.

3. Membuat Anda bisa bersosialisasi

Apabila Anda menggunakan transportasi umum, Anda jadi bisa bercakap-cakap dengan penumpang yang lain. Hal ini bisa menambah jaringan pertemanan Anda menjadi lebih luas. Tentunya ini bisa terjadi kalau selama perjalanan Anda tidak hanya fokus dengan gadget.

4. Bisa melihat hal-hal Baru

Menggunakan transportasi umum Anda jadi bisa menikmati suasana sekitar karena fokus Anda tidak pada kemudi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X