Omahku Memoryku, Penyimpan Memori Bencana Merapi 2010

Kompas.com - 21/06/2019, 13:01 WIB
Bagian Depan Omahku Memoryku KOMPAS.com/NUR ROHMI AIDABagian Depan Omahku Memoryku

KOMPAS.com – Kalau kamu mendatangi kawasan Cangkringan, terdapat sebuah rumah yang dari luar tampak lapuk seperti bekas terbakar.

Tempat tersebut adalah Omahku Memoryku. Rumah ini tepatnya berada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta.

Menurut keterangan yang terpampang di depan Omahku Memoryku lokasi ini memiliki jarak yang terdekat dari pusat kawah Merapi yakni hanya berjarak sekitar 7 km.

Omahku MemorykuKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Omahku Memoryku

Dulunya, rumah ini merupakan rumah milik alm. Sarsuwadji dan Pustopo putranya. Apa yang ada di dalam tempat ini sedikit mirip dengan yang ada di Muesum Sisa Hartaku.

Baca juga: Mengenang Keganasan Merapi di Museum Sisa Hartaku

Menempati rumah yang nyaris rusak akibat bencana Merapi 2010, di sini kita bisa melihat berbagai benda yang mampu menggambarkan bagaimana keganasan merapi.

Saat penulis datang ke lokasi Omahku Memoryku, penulis sempat bertemu dengan Mbah Kemis. Beliau berujar, kalau dulu rumahnya juga menjadi korban keganasan awan panas Merapi.

Namun kini, bencana merapi telah berlalu, dan kini beliau berprofesi sebagai penjaga di Omahku Memoryku.

Sosok Mbah Kemis di Omahku MemorykuKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Sosok Mbah Kemis di Omahku Memoryku

Bersama Mbah Kemis, penulis diajak berkeliling ke area Omahku Memoryku. Beliau menunjukkan koleksi museum berupa abu-abu vulkanik akibat erupsi beberapa gunung di Indonesia yang diletakkan di dalam sebuah toples kaca.

Selanjutnya penulis juga dibawa untuk melihat potongan-potongan berita terkait kejadian Merapi yang sudah difigura dan dipajang di dinding.

Beberapa foto-foto yang menujukkan bagaimana para korban dan relawan di tempat kejadian juga terlihat. Selain itu, terdapat beberapa benda seperti ember, gamelan, gelas serta perabotan rumah tangga yang hampir meleleh.

Beberapa barang koleksi Omahku MemorykuKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Beberapa barang koleksi Omahku Memoryku

Di Salah satu bagian tembok, juga terlihat jam yang menggantung. Jam tersebut terlihat seperti bekas terbakar. Jam inilah yang seolah membekukan waktu kapan kejadian bencana Merapi terjadi. Di bagian depan Omahku Memoryku juga terdapat motor-motor yang rusak akibat bencana Merapi.

Tak hanya melihat bagaimana ganasnya merapi, berada di Omahku Memoryku, pengunjung bisa pula menikmati hangatnya kopi merapi yang dijual di depan lokasi museum.

Selain itu, pengunjung bisa pula menjajal wahana jeep yang akan membawa pengunjung mengelilingi daerah sekitar Cangkringan.

Pun, jika ingin mendapatkan foto-foto feed instagram yang cantik pengunjung bisa pula mendatangi lokasi  The Lost World Castle untuk bergaya ala-ala Korea. Lokasi tempat ini sangat dekat dengan Omahku Memoryku.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X