Mau ke Dieng Lihat Embun Es? Begini Transportasi ke Dieng dari Jakarta

Kompas.com - 26/06/2019, 12:39 WIB
Embun beku yang muncul akibat penurunan suhu hingga minus tujuh derajat celcius menyelimuti kompleks Candi Arjuna, di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (25/6/2019). Embun beku yang muncul akibat penurunan suhu ekstrem hingga di bawah nol derajat celcius, telah terjadi sebanyak sepuluh kali sejak pertengahan Mei, dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. ANTARA FOTO/IDHAD ZAKARIA Embun beku yang muncul akibat penurunan suhu hingga minus tujuh derajat celcius menyelimuti kompleks Candi Arjuna, di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (25/6/2019). Embun beku yang muncul akibat penurunan suhu ekstrem hingga di bawah nol derajat celcius, telah terjadi sebanyak sepuluh kali sejak pertengahan Mei, dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

KOMPAS.com – Saat ini Dieng terutama sekitar Candi Arjuna sedang mengalami fenomena frost atau embun beku yang oleh warga sekitar disebut dengan Bun Upas.

Suhu Dieng bahkan mencapai minus 9 derajat. Untuk Kamu yang merasa tertarik datang ke Dieng guna melihat fenomena embun beku Dieng tapi bingung bagaimana cara menuju Dieng, berikut KompasTravel mencoba membuat panduan menuju Dieng apabila ditempuh dari Jakarta.

Ada dua cara menuju Dieng dari Jakarta menggunakan transportasi umum. Yakni menggunakan kereta yang disambung bus, dan yang kedua adalah menggunakan bus langsung ke Wonosobo.

Artikel kali ini membahas bagaimana menuju Dieng dari Jakarta. Keuntungan menggunakan bus jika dibandingkan kereta saat ke Dieng lantaran penggunaan bus cenderung lebih praktis dimana penumpang bisa langsung sampai ke Wonosobo.

Berikut rincian bagaimana caranya menuju Dieng menggunakan moda transportasi berupa Bus:

1. Carilah Bus dari Jakarta ke Wonosobo

Untuk mencapai Wonosobo, ada cukup banyak pilihan bus, seperti Sinar Jaya, Pahala Kencana, Rosalia, Sumber Alam dan masih banyak lagi lainnya.

Wisatawan menikmati embun beku yang muncul akibat penurunan suhu hingga minus tujuh derajat celcius di kompleks Candi Arjuna, di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (25/6/2019). Embun beku yang muncul akibat penurunan suhu ekstrem hingga di bawah nol derajat celcius, telah terjadi sebanyak sepuluh kali sejak pertengahan Mei, dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.ANTARA FOTO/IDHAD ZAKARIA Wisatawan menikmati embun beku yang muncul akibat penurunan suhu hingga minus tujuh derajat celcius di kompleks Candi Arjuna, di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (25/6/2019). Embun beku yang muncul akibat penurunan suhu ekstrem hingga di bawah nol derajat celcius, telah terjadi sebanyak sepuluh kali sejak pertengahan Mei, dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.
KompasTravel mencoba mengecek tarif bus Pahala Kencana melalui web resminya https://www.pahalakencana.co.id/ tarif bus adalah Rp 120.000 (25/6/2019) dengan waktu berangkat pukul 18.00 WIB

Sementara untuk bus Rosalia Indah melalui web resminya,  https://www.rosalia-indah.co.id/  tarif menuju Wonosobo adalah Rp 160.000 dengan waktu keberangkatan pukul 17.30 WIB.

2. Turun di Terminal Mendolo

Perjalanan dari Jakarta menuju Wonosobo berkisar 12 jam. Nantinya, wisatawan bisa turun di Terminal Mendolo Wonosobo.

Sebenarnya, penumpang bisa pula turun di Kota, namun keuntungan turun di terminal adalah penumpang bisa beristirahat dahulu usai perjalanan jauh, dan adanya beberapa fasilitas yang bisa dinikmati seperti toilet, warung-warung penjual makanan, mushala dan tentunya ada petugas resmi yang bisa ditanyai jika membutuhkan informasi.

3. Naik Mikro Mini

Arifin, salah seorang petugas Terminal Mendolo saat dihubungi KompasTravel, Selasa (25/6/2019) menyebutkan, dari Terminal Mendolo menuju ke Dieng bisa menggunakan Mikro Mini.

“Nanti ada Mikro Mini yang bisa langsung membawa ke Dieng,” katanya.

Petugas mengukur suhu udara yang turun hingga minus tujuh derajat celcius, dan menyebabkan embun beku menyelimuti kompleks Candi Arjuna, di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (25/6/2019). Embun beku yang muncul akibat penurunan suhu ekstrem hingga di bawah nol derajat celcius, telah terjadi sebanyak sepuluh kali sejak pertengahan Mei, dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. ANTARA FOTO/IDHAD ZAKARIA Petugas mengukur suhu udara yang turun hingga minus tujuh derajat celcius, dan menyebabkan embun beku menyelimuti kompleks Candi Arjuna, di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (25/6/2019). Embun beku yang muncul akibat penurunan suhu ekstrem hingga di bawah nol derajat celcius, telah terjadi sebanyak sepuluh kali sejak pertengahan Mei, dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.
Lebih lanjut, Arifin menyebutkan untuk tarif menggunakan Mikro Mini dari Terminal Mendolo ke Dieng berkisar antara Rp 25.000.

Mikro Mini berangkat setelah menunggu penumpang penuh. Mikro mini selalu ada dan biasanya melayani penumpang sampai sekitar pukul 17.00 WIB. Dengan waktu tempuh sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan.

Nantinya wisatawan bisa turun di pertigaan “Villa Bu Djono” atau tulisan tugu bertuliskan “Welcome to Dieng”.  Selanjutnya wisatawan bisa memilih berwisata terlebih dahulu, ataupun mencari penginapan.

Kawasan Dieng memiliki beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi. Bun Upas sendiri bisa dilihat di sekitar Komplek Candi Arjuna.

Selain Candi Arjuna, terdapat beberapa wisata lain yang saling berdekatan dan sayang dilewatkan, seperti Kawah Sikidang, serta Telaga Warna.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X