Star Wars sampai Aladdin, Ini Gurun Pasir Langganan Syuting Film di Jordania

Kompas.com - 04/07/2019, 16:07 WIB
Cuplikan trailer terbaru film live-action Aladdin yang akan tayang pada 24 Mei 2019. YouTube/Walt Disney StudiosCuplikan trailer terbaru film live-action Aladdin yang akan tayang pada 24 Mei 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Box Office Hollywood umumnya selalu maksimal dalam proses awal sampai peluncuran film, tak terkecuali saat memilih latar tempat untuk film. Uniknya ada satu gurun di dunia yang menjadi langganan film-film pencetak uang di Hollywood. Mulai dari Star Wars, Aladdin, The Martian semua direkam di gurun pasir Wadi Rum, Yordania.

Wadi Rum merupakan lanskap alam yang dilindungi di Yordania sejak 1998. Gurun ini dilindungi lantaran memiliki sejarah dan budaya yang penting untuk Yordania dan negara Timur Tengah lain.

Baca juga: Mulai 21 Juli, Ada Drama Musikal Aladdin di Singapura

Lewat catatan sejarah, Wadi Rum sudah dihuni manusia sejak ribuan tahun lalu. Mulai dari pemburu, pengembara, petani, pedagang di zaman dahulu mengandalkan Wadi Rum untuk hidup. Suku Arab kuno, Nabath dahulu sempat menguasai Wadi Rum dan meninggalkan beberapa bangunan yang luar biasa indah di Wadi Rum, termasuk sebuah kuil.

Saat ini Wadi Rum masih dihuni oleh manusia, mereka adalah Suku Bedouin yang hidupnya berpindah-pindah di gurun pasir. Suku ini bergantung pada hasil gembala, khususnya kambing.

Wadi Rum di Yordan. Dok. Lonely Planet Wadi Rum di Yordan.

Suku Bedouin yang terkenal ramah kepada pendatang kini juga menjadi penyambut para wisatawan yang berkunjung ke Wadi Rum.

Keindahan, keunikan lanskap, dan kekayaan budaya Wadi Rum yang akhirnya membuat area ini menjadi zona ekonomi untuk pariwisata Yordania. Maka tak heran ada banyak film Hollywood yang menjadikan Wadi Rum sebagai latar tempat. Total ada 100 film lebih yang pernah direkam di Wadi Rum.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Wadi Rum, tersedia tur jip, menunggang unta, mendaki gunung bebatuan, melihat bangunan peninggalan Nabath, ngarai batu, dan konfigurasi batu yang menarik. Wisatawan juga dapat menginap di tenda Suku Bedouin yang memang dibuka untuk umum.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X