5 Tips Liburan Sambil Promosikan Potensi Wisata dengan TikTok

Kompas.com - 06/07/2019, 10:05 WIB
Peluncuran Tik Tok Travel di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Peluncuran Tik Tok Travel di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat ini tren liburan masyarakat Indonesia agaknya mengalami pergeseran. Wisatawan lebih suka mengunjungi tempat-tempat baru dan anti-mainstream, mengabadikannya melalui foto atau video, lalu mengunggahnya di media sosial.

Tak hanya asyik, langkah-langkah publikasi destinasi wisata ini ternyata dapat membantu pemerintah daerah setempat mempromosikan potensi wisatanya.

Untuk mempermudah pengeditan dokumentasi foto dan video, TikTok meluncurkan #TikTokTravel. Melalui #TikTokTravel, kamu dapat menangkap dan membagikan momen liburan dengan cara yang lebih mudah dan kreatif.

Adapun #TikTokTravel pertama kali dihadirkan di Indonesia dan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Indonesia. Kerja sama antara TikTok dan Wonderful Indonesia ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

Berikut 5 tips menggunakan #TikTokTravel agar hasil videomu lebih menarik.

1. Gabung Video dan Gambar

Sebuah destinasi wisata pasti memiliki lebih dari satu spot menarik. Cobalah untuk menggabungkan foto dan video dari beberapa spot wisata yang Anda kunjungi menjadi satu video.

2. Gunakan Fitur Photo Template dan Filter Video 

Buat gambar-gambarmu menjadi lebih hidup dengan memanfaatkan fitur photo template pada aplikasi TikTok. Selain itu, buat videomu lebih atraktif dan seru dengan menyisipkan filter berputar, melambat, cepat, dan lain sebagainya.

3. Tambahkan Lagu Bertema Khusus

Setiap destinasi wisata memiliki keunikan tersendiri. Bagikan perasaan Kamu ketika menikmati momen berlibur dengan menambahkan lagu dari pustaka musik TikTok. Khusus untuk kampanye global #TikTokTravel, TikTok sengaja meluncurkan lagu bertema khusus yaitu summer yang dikumpulkan dari TikTok Spotlight.

4. Teks dan Sticker

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan keterangan lokasi, nama tempat wisata, atau emotikon pada video yang sudah kamu buat untuk menambahkan elemen baru pada video.

5. Tagar #TikTokTravel

Terakhir, tambahkan tagar #TikTokTravel dalam caption video sebagai syarat mengikuti kampanye global ini dan dapatkan kesempatan untuk memenangi berbagai hadiah menarik.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X