5 Wisata di Sulawesi Utara, Bintang Baru Pariwisata Indonesia Versi Jokowi

Kompas.com - 10/07/2019, 10:07 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Widodo saat melihat taman laut di Kepulauan Bunaken, Jumat (5/7/2019). Turut pula mendampingi Presiden adalah Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. ISTANA PRESIDEN/AGUS SUPARTOPresiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Widodo saat melihat taman laut di Kepulauan Bunaken, Jumat (5/7/2019). Turut pula mendampingi Presiden adalah Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

KOMPAS.com – Sulawesi utara disebut Presiden Jokowi sebagai bintang baru pariwisata Indonesia. Dalam unggahan di akun resmi facebook milknya, Jokowi menyebut dalam empat tahun terakhir, kunjungan wisatawan ke daerah itu meningkat hingga 600 persen.

Alam Sulawesi Utara memang elok. Tak heran kalau kemudian wisatawan berbondong-bondong datang kemari. Lantaran Sulawesi Utara menawarkan pilihan tempat wisata yang beragam

Berikut ini beberapa tempat wisata yang bisa didatangi wisatawan jika datang ke Sulawesi Utara:

1. Menikmati Indahnya Bawah Laut Bunaken

Keindahan Taman Laut Bunaken di Manado, Sulawesi Utara.Shutterstock Keindahan Taman Laut Bunaken di Manado, Sulawesi Utara.
Bunaken menjadi pariwisata andalan Sulawesi Utara. Dalam rangka kunjungan kerjanya, Presiden Jokowi bahkan menjadikan Bunaken sebagai lokasinya mengadakan rapat terbatas dengan seluruh jajaran menteri dan kepala daerah di provinsi tersebut.

Bunaken sendiri merupakan taman nasional laut pertama di Indonesia.

Lokasinya yang terletak di daerah segitiga terumbu karang dunia menjadikan Bunaken menyimpan kekayaan terumbu karang dan biota laut yang tiada tara.

Sejak 1991 mulai ditemukan 58 jenis karang dan lebih dari 90 spesies ikan yang terletak di Taman Nasional Bunaken.

Salah satu penghuninya yang mahsyur di dunia bawah laut ialah penyu sisik Hawksbill.

Penyu langka tersebut berenang di tengah terumbu karang dan aneka ragam pohon damselfish, clownfish, angelfish, dan sejumlah penghuni laut yang mempesona. 

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Manado dan Sekitarnya, dari Danau hingga Pantai

2. Tak Cukup Bunaken, Selat Lembeh Juga Tak Kalah Elok

Terumbu karang tampak menutupi sejumlah besar bagian luar kapal Mawali yang terdampar di dasar laut perairan Selat Lembeh.KOMPAS/LASTI KURNIA Terumbu karang tampak menutupi sejumlah besar bagian luar kapal Mawali yang terdampar di dasar laut perairan Selat Lembeh.

Selat Lembeh merupakan rumah bagi spesies-spesies unik bawah laut dan jarang ditemukan di tempat lain.

Saking uniknya, para penyelam menyebutnya "The World's Muck Diving Heaven" atau surganya untuk menyelam di dasar laut.

Sebutan ini tentu tidak tanpa alasan. Karakter alami vulkanik yang menyelimuti bawah laut Selat Lembeh menawarkan biota-biota menakjubkan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X