Hari Ini dalam Sejarah: 17 Juli 1955, Disneyland Pertama Dibuka

Kompas.com - 17/07/2019, 12:30 WIB
Disneyland California citypass.comDisneyland California

KOMPAS.com - Hari ini 64 tahun lalu, tepatnya 17 Juli 1955, untuk pertama kalinya taman hiburan Disneyland pertama kali dibuka di Anaheim, California, Amerika Serikat.

Pembangunan taman ini menghabiskan dana sekitar 17 juta dollar AS.

Disneyland merupakan taman hiburan yang dikembangkan oleh Walt Disney. Hingga hari ini, taman bermain tersebut dikunjungi sekitar 14 juta orang setiap tahunnya.

Awal mula Disneyland

Ide untuk merancang taman bermain ini dimulai pada awal 1950 oleh Walt Disney. Saat itu, pria di balik rumah produksi animasi Disney tersebut ingin agar taman bermain yang ia rancang dapat menjadi hiburan sekaligus pendidikan bagi pengunjung.

Rancangan taman bermain itu mulai terealisasi saat Disney membeli tanah di Anaheim. Konstruksi dmulai pada 1954 dan selesai pada musim panas 1955.

Pada 17 Juli 1955, pembukaan taman bermain itu dilaksanakan. Akan tetapi, saat pembukaan, banyak orang yang tidak memiliki undangan turut masuk dan menyebabkan kekacauan di dalam.

Akibatnya, penyelenggara kehabisan makanan dan minuman, banyak sepatu pengunjung yang terjebak di aspal yang masih basah, serta wahana Mark Twain Steamboat yang hampir terbalik karena dipenuhi penumpang.

Setelah itu, Disneyland segera berbenah. Atraksi-atraksi seperti Castle, Mr. Toad’s Wild Ride, Snow White’s Adventures, Space Station X-1, Jungle Cruise, dan Stage Coach mulai menarik minat anak-anak.

Selain di Calofornia, Walt Disney juga mengembangkan resor di Florida. Walt Disney meninggal pada 1966, dan Walt Disney World dibuka untuk menghormatinya pada 1 Oktober 1971.

Setelah itu, beberapa wahana seperti Epcot Center, Disney-MGM Studios, dan Animal Kingdom ditambahkan ke Walt Disney World, dan tetap menjadi objek wisata utama Florida.

Pada 1983, Disneyland Tokyo dibuka di Jepang menyusul Paris pada 1992 dan Hong Kong pada 2005.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber History
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X