Mengenal Perjalanan Roasting di Kafe Kopi

Kompas.com - 14/08/2019, 16:00 WIB
Mesin sangrai Madmax kapasitas 5 kilo yang dipakai KietaAlbert Supargo Mesin sangrai Madmax kapasitas 5 kilo yang dipakai Kieta

JAKARTA,Kompas.com - Untuk mendapatkan kopi yang enak butuh proses. Hal inilah yang dikatakan Arya Kinantha, pendiri sekaligus roaster dari Kieta Coffee, home roastery yang terletak di Jl Rawa Kutuk Rt 12/08 no 27, Pondok Jagung, Serpong Utara.

Berawal karir menjadi seorang barista di salah satu hotel di Jakarta. Kini Arya telah beralih profesi menjadi seorang roaster atau ahli sangrai kopi. Arya mengaku sudah dua tahun lebih menjalankan bisnis roaster-nya dan volume sangrai kopinya dalam sebulan mencapai dua ton lebih.

KompasTravel berkesempatan untuk datang ke home roastery ini untuk melihat proses sangrai kopi di Kieta Coffee. Proses sangrai ini dilakukan di ruang tamu seluas 2x2 meter. Di sini mesin roasting berwarna hitam bermerek Madmax diletakkan.

Mesin ini berkapasitas tempur lima kilo sekali sangrai. Berseberangan dengan mesin ini, terdapat tumpukan green bean atau biji kopi mentah yang siap disangrai.

Proses sangrai dimulai dengan memanaskan mesin terlebih dahulu. Proses ini dilakukan Arya untuk menemukan suhu yang ia inginkan dalam menyangrai kopinya.

Tombol di mesin sangrai Madmax untuk mengatur suhu dan perputaran mesinAlbert Supargo Tombol di mesin sangrai Madmax untuk mengatur suhu dan perputaran mesin
Setelah itu, biji kopi mentah akan dimasukan ke dalam mesin sangrai."Umumnya kopi disangrai selama 10 sampai 15 menit," ujar Arya di sela-sela proses sangrai.

Ia juga menambahkan, proses sangrai ini dilakukan untuk menghilangkan kadar air dalam kopi dengan penguapan. Proses ini juga mengubah hijau di biji kopi mentah menjadi coklat.

Dalam proses ini, kopi akan terus diputar-putar dalam mesin sangrai hingga mencapai titik kematangan yang diinginkan.

"Titik kematangan ini istilahnya profile roasting, biasanya dilihat dari gelap terangnya biji kopi," sebut Arya.

 

Proses melihat tingkat kematangan kopi saat sangraiAlbert Supargo Proses melihat tingkat kematangan kopi saat sangrai
Dalam proses ini, Arya akan berkali-kali mengecek tingkat kematangan kopi dengan melihat biji kopi tersebut.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X