Pentas 3 Dalang, Termasuk Bupati Akan Digelar di Batang

Kompas.com - 20/08/2019, 07:41 WIB
Bupati Batang, Jawa Tengah, Wihaji saat mendalang. KOMPAS.com/ARI HIMAWAN SARONOBupati Batang, Jawa Tengah, Wihaji saat mendalang.

BATANG, KOMPAS.com - Memperingati HUT Ke-74 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Batang Jawa Tengah akan menggelar pentas 3 dalang sekaligus. Bahkan salah satu dalangnya ialah Bupati Batang Wihaji.

Bupati Batang akan tampil berkolaborasi dengan Ki Utomo dan Ki Santoso dari Kabupaten Batang.

Pergelaran wayang kulit akan digelar di Alun Alun Batang pada Sabtu (31/8/2019). Sebelum wayang kulit akan ada kirab budaya penjamasan Tombak Abirawa.

"Hiburan wayang kulit sebagai bentuk nguri-uri seni dan budaya Jawa agar budaya wayang kulit di kota Batang tetap lestari dan semakin diminati warga terutama kaum milenial," kata Wihaji di kantornya, Senin (19/8/2019).

Baca juga: Mengenal Kampung Wayang Kepuhsari di Wonogiri...

Ia mengatakan, pergelaran wayang kulit dan penjamasan pusaka Tombak Abirawa untuk menghibur masyarakat serta dalam rangka menyongsong tahun baru 1 Muharom atau Syuro. Karena kegiatan ini juga bagian dari tradisi Jawa yang sudah turun temurun.

"Tidak dipungkiri kemajuan zaman di era revolusi industri yang semakin kompetitif, kalau tidak ada yang melestarikan seni budaya sebagai kearifan lokal akan hilang dari peradaban," jelas Wihaji.

Oleh karena itu, melalui organisasi Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Batang, Pemkab melakukan pembinaan kepada calon-calon dalang muda agar lebih kreatif dan tidak monoton, sehingga dapat diterima oleh kaum milenial.

"Untuk penjamasan pusaka merupakan ritual tradisi masyarakat Jawa yang akan kita kemas untuk wisata budaya sebagai agenda tahunan, guna menyongsong Visit Batang 2022," tutup Wihaji.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X