Berkaca pada Kejadian yang Menimpa IIs Dahlia, Amankah Menyimpan Barang di Brankas Hotel?

Kompas.com - 01/10/2019, 15:00 WIB
Ilustrasi brankas. shutterstockIlustrasi brankas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencurian barang di dalam safety box ( brankas) hotel kerap terjadi. Banyak dari masyarakat yang kurang tahu bahwa brankas hotel itu tidak cukup aman untuk menyimpan barang-barang berharga.

Senin lalu, salah satu penyayi dangdut Indonesia, Iis Dahlia, kehilangan uang sejumlah Rp 225 juta yang disimpan di dalam safety box (brankas) hotel di London.

"Kebanyakan tukang kunci dapat membuka brankas itu dengan sangat cepat," kata Skip Eckert dari Safe & Vault Technicians Association Association kepada situs Travel and Leisure.

Baca juga: Iis Dahlia Kehilangan Uang Rp 225 Juta yang Disimpan di Safety Box Hotel London

Eckert menambahkann bahwa seseorang yang tidak terampil dengan obeng atau linggis berat sekalipun dapat membuka brankas tersebut.

Meskipun brankas tersedia untuk meminimalkan kewajiban hotel, tetapi beberapa hotel mengenakan biaya untuk menggunakan brankas tersebut.

Harga brangkas di tiap negara berbeda. Di New York 1.500 dollar atau Rp 21 juta, di California dan Florida 1.000 dollar atau Rp 14 jura, sedangkan atau di Nevada hanya 750 dollar atau Rp 10 juta. Jumlah ini hanya berlaku untuk barang-barang yang tersisa di brankas resepsionis.

Brankas kamar biasanya di bawah batas tanggung jawab pihak hotel untuk barang-barang yang dicuri dari kamar. Hotel-hotel di banyak negara bahkan tidak bertanggung jawab sama sekali terhadap barang yang hilang.

Jika properti tamu dicuri, jangan berharap banyak kompensasi. Meskipun hukum di setiap negara berbeda-beda, kewajiban hotel umumnya terbatas.

"Hotel tidak ingin Anda mengetahui hal ini, tetapi sebagian besar pencurian dilakukan oleh karyawan," ujar Ken Braunstein dari Forensic Science Consultants.

Mekanisme Brankas Hotel

Ilustrasi kamar hotel. Dok CROWNE PLAZA Ilustrasi kamar hotel.

Seorang ahli menjelaskan bahwa beberapa hotel memiliki kode penggantian yang sangat mudah sehingga siapa pun dapat dengan mudah mendapatkan akses.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X