10 Acara Pariwisata Unggulan di Indonesia Sepanjang Tahun 2020

Kompas.com - 17/10/2019, 08:00 WIB
Dua seniman membawakan Tari Legong Prabu China dalam pagelaran tari klasik Bali di Pesta Kesenian Bali ke-41, Denpasar, Bali, Kamis (27/6/2019). Tari tersebut merupakan bagian dari Tari Legong Keraton yaitu salah satu dari sembilan tari Bali yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia tak benda oleh UNESCO. ANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANADua seniman membawakan Tari Legong Prabu China dalam pagelaran tari klasik Bali di Pesta Kesenian Bali ke-41, Denpasar, Bali, Kamis (27/6/2019). Tari tersebut merupakan bagian dari Tari Legong Keraton yaitu salah satu dari sembilan tari Bali yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia tak benda oleh UNESCO.


JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata telah menetapkan 10 acara wisata unggulan sepanjang tahun 2020. Penetapan tersebut dilakukan dalam acara peluncuran National Calendar of Events 2020 yang dipaparkan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Penentuan tersebut berdasarkan tiga kriteria, yaitu nilai kreativitas (cultural creative values), nilai komersial dan nilai komunikasi acara (commercial communication values), serta komitmen kepala daerah dalam pengembangan pariwisata (CEO Commitment).

Penetapan ini diawali dengan pembentukan tim kurator acara yang bertugas melakukan penyeleksian event pariwisata dari seluruh dinas pariwisata Indonesia.

Dengan pemetaan ini diharapkan jumlah kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun nusantara akan meningkat.

Berikut sepuluh daftar acara unggulan National Calendar of Events (CoE) 2020 pilihan Kementerian Pariwisata.

1. Pesta Kesenian Bali ke-42

Penampilan Tari Gandrung yang dibawakan Sekaa Smara Ratih dalam Pesta Kesenian Bali 2019Antaranews Penampilan Tari Gandrung yang dibawakan Sekaa Smara Ratih dalam Pesta Kesenian Bali 2019
Berbeda pada tahun sebelumnya, Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-42 pada tahun 2020 akan mengangkat tema ‘Atma Kertih: Penyucian Jiwa Paripurna’.

Atma Kertih yang dimaknai sebagai Penyucian Jiwa Paripurna diharapkan menjadi subjek eksplorasi untuk semua materi Pesta Kesenian Bali ke-42.

Pesta Kesenian Bali (PKB) merupakan parade atau festival kesenian tahunan yang diprakarsai oleh Pemerintah Provinsi Bali.

Baca juga: Siwanatha Raja, Tarian Pembuka Pesta Kesenian Bali 2017

Acara tersebut dijadikan sebagai wadah aktivitas dan kreativitas para seniman untuk berupaya mendukung program pemerintah dalam hal penggalian, pelestarian, dan pengembangan nilai-nilai seni budaya Bali.

Secara garis besar, materi PKB terdiri dari pawai, parade, lomba, pagelaran, pameran, sarasehan dan pelatihan.

2. Jember Fashion Carnival

Jember Fashion Carnival (JFC) sekarang sudah diakui sebagai agenda yang ada di peringkat ketiga karnaval terbesar di dunia.ARSIP KEMENPAR Jember Fashion Carnival (JFC) sekarang sudah diakui sebagai agenda yang ada di peringkat ketiga karnaval terbesar di dunia.
Jember Fashion Carnival (JFC) atau Karnaval Busana Jember menempati posisi kedua dari sepuluh acara pariwisata unggulan tahun 2020.

Event ini telah berjalan setiap tahunnya di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Karnaval ini diprakarsai oleh Dynand Fariz yang juga pendiri JFC Center.

Baca juga: Mengintip Persiapan Jember Fashion Carnaval 2018

Karnaval ini diisi dengan beragam pameran fashion dan kebudayaan. Jember Fashion Carnival juga merupakan sebuah festival yang terlaksana di jalanan sepanjang lebih dari tiga kilometer.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X