Pertama Kali Naik Kereta Jarak Jauh? Simak Tips Berikut Ini

Kompas.com - 01/12/2019, 07:10 WIB
Stasiun Cepu, Jawa Tengah Kompas.com/Ni Luh Made Pertiwi F.Stasiun Cepu, Jawa Tengah


JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta api menjadi salah satu moda transportasi bagi masyarakat yang ingin berlibur ke beberapa daerah di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Bagi kamu yang belum pernah naik kereta, ini akan menjadi suatu hal yang baru.

Salah satu penumpang yang sering bepergian menggunakan kereta api adalah Muni Edi S Riyadi (48) memberikan tips-tipsnya bagi pengguna jasa baru kereta api.

Baca juga: Tips Solo Traveling Naik Kereta Api agar Lebih Aman dan Nyaman

"Kalau tipsnya itu pertama, usahakan pilih perjalanan di pagi atau siang hari, karena di waktu ini kita masih sangat mungkin mengingat tempat atau stasiun yang kita lewati dan stasiun yang akan kita tuju," kata Muni yang juga pencinta kereta api ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (23/11/2019).

Berikut tips untuk kamu yang pertama kali naik kereta jarak jauh:

1. Usahakan pilih perjalanan pada pagi atau siang hari

Waktu terbaik naik kereta api adalah pada pagi atau siang hari. Jika memilih pagi atau siang maka kita masih bisa melihat dan mengingat tempat atau stasiun-stasiun yang kita lewati selama perjalanan maupun stasiun yang akan kita tuju.

Kamu bisa memilih perjalanan kereta api pada pagi atau siang hari saat memesan tiket kereta api melalui online maupun offline.

Selain itu kamu juga mendapat bonus yaitu melihat pemandangan alam di setiap daerah yang kereta api kita lewati. Tentunya, pada malam hari momen-momen seperti ini tidak akan kamu dapatkan.

Penumpang mencari gerbong kereta api yang tertera pada tiket sebelum masuk dan menikmati perjalanan kereta api Argo Parahyangan relasi Stasiun Gambir - Stasiun Bandung.Nicholas Ryan Aditya Penumpang mencari gerbong kereta api yang tertera pada tiket sebelum masuk dan menikmati perjalanan kereta api Argo Parahyangan relasi Stasiun Gambir - Stasiun Bandung.

2. Tiba lebih awal untuk menghindari antrean saat boarding

Jika kamu tidak ingin terjebak antrean pada saat boarding, usahakan untuk datang lebih awal di stasiun.

Selain itu, sembari menunggu kereta api, kamu juga bisa mempelajari apapun yang ada di stasiun, seperti bagian-bagian informasi dan fasilitas yang ada.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X