Catat, Waktu Terbaik Melihat Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019

Kompas.com - 15/12/2019, 16:15 WIB
Gerhana Matahari pada Cincin 26 Januari 2009 dipotret dar Anyer. Muhammad RayhanGerhana Matahari pada Cincin 26 Januari 2009 dipotret dar Anyer.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada Kamis, (26/12/2019) mendatang akan terjadi fenomena alam berupa gerhana matahari cincin (GMC).

Hal tersebut diumumkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) melalui laman Twitter resminya pada Kamis (12/12/2019).

Tertulis dalam cuit tersebut, pada tahun 2019 ini, diprediksi terjadi lima kali GMC dan yang terakhir pada tanggal 26 Desember mendatang.

Selain melewati Indonesia, beberapa negara lain yang akan dilewati jalur GMC pada 26 Desember mendatang ini antara lain, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Singapura, Malaysia, dan Samudera Pasifik.

Baca juga: Catat, Tempat Melihat Gerhana Matahari Cincin di Tanjung Pinang

Dalam cuit berbeda, BMKG juga menyebutkan 25 kota dan kabupaten di Indonesia yang akan mengalami fase GMC.

Wilayah-wilayah tersebut adalah Sinabang, Singkil, Sibolga, Pandan, Tarutung, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua, Sibuhuan, Pasir Pengaraian, Dumai, Bengkalis.

Lalu Siak Sri Indrapura, Selak Panjang, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Batam, Bandan Seri Bentang, Mempawah, Singkawang, Sambas, Bengkayang , Putussibau, Tanjungselor, dan Tanjungderep.

Lokasi-lokasi tersebut merupakan daerah yang bisa digunakan untuk tempat melihat gerhana matahari cincin dalam kondisi penuh.

Menurut siaran pers dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN), lokasi terbaik untuk menyaksikan fenomena ini adalah di Kabupaten Siak, Riau.

Baca juga: Gerhana Matahari Total, Momentum Bangun Kelanjutan Pariwisata

Bagi masyarakat sekitar atau wisatawan yang ingin menikmati fenomena ini, GMC diprediksi akan dimulai pukul 12.15 WIB berupa gerhana matahari sebagian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X