Hotel Isolasi Pasien Covid-19 Masih Bisa Terima Tamu, tetapi..

Kompas.com - 26/09/2020, 18:22 WIB
Ilustrasi staycation di hotel. (Dok. Shutterstock/ De Boyloso) Ilustrasi staycation di hotel. (Dok. Shutterstock/ De Boyloso)

KOMPAS.com – Sembilan provinsi di Indonesia telah menyiapkan 13.351 kamar hotel untuk fasilitas karantina pasien Covid-19 tanpa gejala, atau orang tanpa gejala (OTG).

Namun, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran menuturkan, hotel-hotel tersebut masih bisa dikunjungi oleh tamu yang ingin menginap.

“Setelah pemerintah dan hotel sepakat, hotel tidak langsung ditetapkan sebagai fasilitas karantina,” kata Maulana kepada Kompas.com, Jumat (25/9/2020).

Baca juga: PHRI Serahkan 27 Hotel di Jakarta untuk Tempat Isolasi Pasien Covid-19, Ini Daftarnya

Sebagai gambaran, Maulana memberi contoh jika kapasitas kamar isolasi di Wisma Atlet Jakarta hampir penuh, maka pemerintah akan memanfaatkan kamar-kamar dari daftar hotel isolasi di Jakarta.

Dari daftar tersebut, pemerintah akan memilih hotel sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan untuk menampung para pasien OTG.

Hotel-hotel yang terpilih akan diberi pemberitahuan beberapa hari sebelumnya untuk mengosongkan tamu yang menginap di sana.

“Sebelum hotel dipakai menerima, mereka masih standby dan boleh terima tamu. Begitu pemerintah butuh, mereka beri info ke hotel.” ungkap Maulana.

Ada banyak hotel standby

Maulana menuturkan, pemerintah memiliki cukup banyak hotel dalam keadaan standby guna menghindari kondisi genting.

Adapun kondisi genting yang dimaksud adalah jika jumlah hotel yang standby hanya satu saat pemerintah membutuhkan fasilitas isolasi tambahan, belum tentu hotel bisa langsung siap dipakai saat itu juga.

Baca juga: Tempat Wisata Ancol Ditutup, Bagaimana dengan Hotel dan Restoran di Sana?

“Masing-masing hotel punya kendala. Mereka harus keluarkan tamu dulu. Tapi karena daftar hotel banyak, ini beri ruang bagi hotel yang siap untuk langsung terima,” tutur Maulana.

“Kecuali kalau ada hotel yang sudah siap bisa langsung dipakai dan ditetapkan sebagai fasilitas isolasi OTG, mereka langsung tidak boleh terima sembarang tamu kecuali pasien,” imbuhnya.

Saat ini, sembilan provinsi di Indonesia telah menyiapkan sebanyak 13.351 kamar hotel untuk digunakan sebagai fasilitas karantina OTG. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut rinciannya:

  1. Sumatera Utara: 6 hotel, 449 kamar
  2. Jawa Barat: 17 hotel, 949 kamar
  3. DKI Jakarta: 31 hotel, 4.116 kamar
  4. Jawa Timur: 16 hotel, 2.160 kamar
  5. Bali: 10 hotel, 1.559 kamar
  6. Kalimantan Selatan: 15 hotel, 992 kamar
  7. Papua: 13 hotel, 1.797 kamar
  8. Jawa Tengah: 2 hotel, 173 kamar
  9. Sulawesi Selatan: 8 hotel, 1.156 kamar



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X