Kasus Covid Meningkat, 4 Tempat Wisata di Tabanan Tutup Sementara

Kompas.com - 27/09/2020, 17:15 WIB
Alas Kedaton, Tabanan, Bali Shutterstock/edusma7256Alas Kedaton, Tabanan, Bali

KOMPAS.com - Provinsi Bali baru saja memulai kembali aktivitas pariwisata sejak tutup akibat pandemi Covid-19. Pulau Dewata sudah bisa dikunjungi kembali oleh wisatawan nusantara sejak 31 Juli 2020.

Namun, beberapa tempat wisata dikabarkan kembali tutup akibat adanya peningkatan kasus Covid-19, khususnya di Kabupaten Tabanan.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Tabanan I Gede Sukanada saat dihubungi Kompas.com, Minggu (27/9/2020).

Ia mengatakan, ada empat tempat wisata yang tutup sementara akibat naiknya jumlah kasus Covid-19 di Tabanan.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Tabanan Bali Buka Kembali, Salah Satunya Tanah Lot

"Saat ini Tabanan naik akan jumlah yang terkonfirmasi Covid-19. Ada empat tempat wisata yang sementara menutup," kata I Gede Sukadana.

Ia melanjutkan, penutupan tersebut merupakan keputusan dari pihak pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) masing-masing. Pihaknya tidak pernah mengeluarkan surat untuk menutup tempat wisata.

Monyet di Alas Kedaton, Tabanan, BaliShutterstock/Igor Lushchay Monyet di Alas Kedaton, Tabanan, Bali

"Kami tidak pernah mengeluarkan surat untuk menutup obyek wisata di Tabanan, tetapi karena pertimbangan di bawah, baik belum lengkapnya sarana protokol kesehatan dan karena pertimbangan di daerahnya ada warga yang terdampak Covid," ujar I Gede Sukadana.

Berikut daftar empat tempat wisata di Tabanan yang tutup sementara

  1. Pantai Pasut Tibubiu Kerambitan
  2. Pantai Desa Beraban
  3. Pantai Kelating
  4. Alas Kedaton

Sebelumnya dilansir Antara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan kembali menutup fasilitas publik di wilayahnya untuk sementara waktu akibat kasus Covid-19 yang meningkat.

"Kasus penyebaran Covid-19 di Tabanan kian hari kian meningkat dengan penularan terbanyak dari transmisi lokal," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Tabanan Putu Dian Setiawan, Jumat (25/9/2020) seperti dikutip Antara.

Baca juga: Wisata Bali, Kebun Raya Eka Karya di Tabanan Buka Kembali

Guna mewaspadai kasus penyebaran yang meningkat, obyek wisata, kafe atau restoran, dan fasilitas umum lainnya ditutup sesuai Peraturan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti Nomor 10 Tahun 2020 tentang Paket Kebijakan Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19.

Adapun peraturan bupati ini ditindaklanjuti oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan. Jubir GTPP Tabanan juga mengakui keputusan untuk melakukan penutupan fasilitas publik itu akhirnya ditempuh karena kasus transmisi lokal Covid-19 yang meningkat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X