Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Oleh-oleh Khas Yogya di Teras Malioboro 1, Banyak Pilihan

Kompas.com - 14/10/2023, 19:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mencari oleh-oleh khas Yogyakarta bisa dilakukan di salah satu pusat perbelanjaaan, Teras Malioboro 1.

Teras Malioboro merupakan wajah baru atau hasil penataan dari area belanja yang semula bertempat di sepanjang Jalan Malioboro.

Beroperasi sejak akhir Januari 2022, pusat perbelanjaan ini lokasinya cukup strategis dan mudah ditemukan.

Baca juga: Beda Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2, Bisa buat Belanja

Teras Malioboro 1 berada di bekas Gedung Bioskop Indra, atau sisi selatan sebelah barat Jalan Malioboro, tepat di seberang Pasar Beringharjo.

Alamat lengkapnya adalah di Jalan Margo Mulyo, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY.

Menurut petugas keamanan setempat, Teras Malioboro buka pukul 06.00-23.00 WIB untuk kuliner, dan pukul 08.00-23.00 WIB untuk produk.

Pengalaman berkunjung ke Teras Malioboro 1

Pada Jumat (13/10/2023) pagi sekitar pukul 09.30 WIB, Kompas.com tiba di Teras Malioboro 1 menggunakan ojek online.

Dari depan, terlihat posko layanan keamanan di sebelah kiri, dan tulisan Teras Malioboro berwarna kuning dengan dua patung kuda di belakangnya.

Pagi itu, suasana luar pasar tampak belum terlalu ramai. Pengunjung yang berlalu-lalang menuju Teras Malioboro bisa dihitung jari. Beberapa juga bergantian berfoto di depan patung kuda.

Tampak depan Teras Malioboro 1 di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (12/10/2023).KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Tampak depan Teras Malioboro 1 di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (12/10/2023).

Setelah berjalan kaki sekitar 10 meter, terlihat bangunan besar bergaya industrial modern bertuliskan "Teras Malioboro 1". 

Belanja di Teras Malioboro 1

Saat melangkahkan kaki dari pintu masuk, Kompas.com langsung disambut kios topi dan baju batik. Suasana udara di dalam tidak panas karena adanya blower, meski tidak juga dingin. 

Bagian dalam bangunan tampak tinggi dan lumayan luas. Ratusan kios berjejer, tidak terlalu rapi namun cukup nyaman dilihat. Menurut petugas, ada sekitar 888 kios di sini.

Dari informasi tertulis, lantai satu diketahui adalah tempat kios baju lurik, belangkon, aksesori dan perhiasan, kacamata, topi, sandal, dan kerajinan kulit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com