Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2023, 14:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mencari tempat belanja atau sentra oleh-oleh khas Yogyakarta, wisatawan bisa berkunjung ke Teras Malioboro. 

Teras Malioboro merupakan wajah baru atau hasil penataan dari area belanja yang semula bertempat di sepanjang Jalan Malioboro. 

Baca juga:

Penataan tepi Jalan Malioboro dan pembangunan Teras Malioboro bertujuan untuk mengembalikan fungsi Jalan Malioboro sebagai kawasan untuk pejalan kaki, seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (29/7/2023). 

Di area Jalan Malioboro, terdapat dua spot yang dibangun sejak awal tahun 2022, yaitu Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2

Selain bisa memanjakan wisatawan yang gemar berbelanja, kedua tempat ini telah ditata dengan rapi sehingga nyaman untuk dikunjungi.

Memiliki nama yang sama, lantas apa perbedaan keduanya?

Asal-usul Teras Malioboro 1 dan 2

Bagian dalam Teras Malioboro 1 di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (13/10/2023).KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Bagian dalam Teras Malioboro 1 di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (13/10/2023).

Komandan Keamanan Teras Malioboro 1, Andriyanto atau biasa dipanggil Andri mengatakan, sebenarnya kedua Teras Malioboro hampir sama. 

"Yang dijual sama aja. Dulu relokasi pedagang Malioboro kan sangat banyak. Ada yang sudah ditampung di sini (Teras Malioboro 1), karena enggak muat dibuatlah shelter di sana (Teras Malioboro 2)," ujar Andri saat ditemui di lokasi, Jumat (13/10/2023). 

Lebih lanjut, kata dia, para pedagang di Teras Malioboro 2 suatu hari nanti akan dipindahkan ke Teras Malioboro 1.

Baca juga: 6 Wisata Malam Dekat Malioboro, Bisa Lihat Pagelaran Wayang

Adapun pembangunan gedung baru di Teras Malioboro 1 sudah mulai dilakukan. 

"Bedanya kalau di sini sudah permanen, sudah ada legalitasnya. Kalau di sana, itu baru shelter, baru sementara. Jadi mungkin tahun depan akan dipindah di sini, di samping gedung Teras Malioboro 1," imbuhnya. 

Adapun kedua bangunan tersebut telah diresmikan sejak akhir Januari 2022. Namun, untuk launching (peluncuran), grand opening (pembukaan), dan event (acara) dikatakan Andri dilakukan di Teras Malioboro 1. 

Baca juga: 10 Penginapan Murah Dekat Malioboro, Harga Rp 100.000-an Per Malam

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com