Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2023, 10:43 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Berwisata ke Yogyakarta terasa belum sempurna jika belum berkunjung ke kawasan Malioboro yang ikonis.

Area wisata ini populer sebagai tempat belanja, jalan-jalan, dan berburu foto. Jalan Malioboro yang bergaya kuno sekaligus estetis, membuat tempat ini banyak dikunjungi untuk berburu spot Instagramable. 

Baca juga:

Tak hanya pagi, area Malioboro masih ramai dikunjungi hingga malam hari. Cahaya malam juga tidak membuat hasil foto menjadi jelek, malah sebaliknya. 

Saat Kompas.com berkunjung ke Malioboro hingga sekitar pukul 23.00 WIB, Kamis (12/10/2023), areatersebut masih sangat ramai oleh wisatawan yang berjalan-jalan atau berburu foto. 

Spot foto malam hari di Malioboro

Jika tertarik berkunjung saat malam hari ke kawasan Malioboro sambil hunting foto, berikut beberapa rekomendasi spot foto berdasarkan pengalaman Kompas.com. 

1. Tugu Yogyakarta

Spot foto di Tugu Yogyakarta di kawasan Malioboro, Yogyakarta, pada Kamis (12/10/2023). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Spot foto di Tugu Yogyakarta di kawasan Malioboro, Yogyakarta, pada Kamis (12/10/2023).

Tugu Yogyakarta adalah simbol Kota Gudeg yang terletak di ujung utara Jalan Malioboro. Berdiri sejak tahun 1755, tugu ini menjadi salah satu obyek wisata di kota ini. 

Hampir sepanjang waktu, banyak wisatawan yang ingin mengambil gambar di tempat ini, seperti dari pantauan Kompas.com pada Kamis (12/10/2023) malam. Wajar jika tugu jadi salah satu spot foto yang paling ikonis di Yogyakarta.

Tugu mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Saat ini, Tugu dipercantik dengan adanya bola-bola batu yang dipasang melingkar sebagai pagar.

Saat malam hari, Tugu Yogyakarta dikelilingi dengan cahaya indah, sehingga menarik untuk difoto. Kamu bisa berpose di dekat tugu atau dari pinggir jalan-jalan di sekitarnya. 

Baca juga: 6 Wisata Malam Dekat Malioboro, Bisa Lihat Pagelaran Wayang

2. Plang Jalan Malioboro

Spot foto di bawah plang jalanan Malioboro, Yogyakarta, pada Kamis (12/10/2023). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Spot foto di bawah plang jalanan Malioboro, Yogyakarta, pada Kamis (12/10/2023).

Spot ikonis berikutnya adalah plang jalan Malioboro. Banyak wisatawan yang antre untuk berfoto di plang Jalan Malioboro dengan latar belakang jalan dan pertokoan.

Wisatawan bisa menemukan beberapa plang Jalan Malioboro di sejumlah titik. Salah satu yang banyak diburu adalah yang berada tidak jauh dari tulisan "Yogyakarta". 

Plang ini berwarna hijau, dilengkapi dengan tulisan warna putih berbunyi Jalan Malioboro dengan huruf alfabet dan aksara Jawa di bawahnya, tampak kuno sekaligus estetis. 

Selain difotokan oleh teman, ada banyak fotografer yang menawarkan jasa memotret di plang jalan Malioboro ini. Tidak ada ketentuan khusus, kamu bisa berpose sebanyak-banyaknya, lalu membayar mulai Rp 5.000 per foto yang dipilih. 

Baca juga: 10 Penginapan Murah Dekat Malioboro, Harga Rp 100.000-an Per Malam

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com