Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentara Budaya Jakarta Gelar Pameran Seni di Menara Kompas

Kompas.com - 14/10/2023, 07:18 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bentara Budaya Jakarta menggelar pameran seni Bentara Budaya Art Gallery di lantai delapan gedung Menara Kompas, Jakarta Pusat, sampai Jumat (20/10/2023).

Pada pameran ini Bentara Budaya Jakarta mengangkat tema "Manusia Indonesia dalam Lukisan", sebagai bentuk menunjukkan keberagaman bangsa Indonesia.

Baca juga: Memahami Baduy dari Bentara Budaya Jakarta

"Lukisan ini menunjukkan keberagaman wajah masyarakat Indonesia, dengan keberagaman ini ditampakkan bahwa kita bisa hidup berdampingan, aman, rukun, dan menjunjung bhineka tunggal ika," terang General Manager Bentara Budaya, sekaligus Communication Management, Corporate Communicatuon Kompas Gramedia Ilham Khoiri di lokasi, Jumat (13/10/2023).

Ilham melanjutkan, koleksi seni yang dipamerkan di tempat ini terdiri dari 36 lukisan, 24 wayang, dan 50 keramik.

Baca juga:

Bentara Budaya Art Gallery di lantai 8 Menara Kompas, Jumat (13/10/2023).Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Bentara Budaya Art Gallery di lantai 8 Menara Kompas, Jumat (13/10/2023).

Karya seni berupa lukisan di Bentara Budaya Art Gallery ini, kata Ilham, merupakan koleksi Bentara Budaya yang sudah ada dari tahun 1950-an.

"Kalau karya keramik (yang dipajang di Bentara Budaya Art Gallery) tercatat ada yang dari abad ke-10," katanya.

Ilham menuturkan bahwa Bentara Budaya Art Gallery yang ada di Menara Kompas ialah perluasan dari Bentara Budaya Jakarta, yang letaknya bersebelahan.

Ke depannya, kata Ilham, di Bentara Budaya Art Gallery akan digelar pameran seni, baik dari koleksi seni Bentara Budaya secara regular maupun kolaborasi dengan para seniman lainnya.

"Saat ini ada sekitar 900 lukisan, ribuan keramik, serta patung dan wayang koleksi Bentara Budaya. Koleksi ini secara regular akan dipamerkan di sini dengan tema yang bergantian," ujarnya.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com