Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2023, 13:00 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com – Masuk akhir tahun, Jepang mulai berganti suasana. Daun-daun memerah dan cuaca sejuk menandakan musim gugur segera tiba. Ini momen sempurna untuk menjelajahi keindahan Jepang.

Beberapa wilayah yang menyajikan pemandangan musim gugur dan memanjakan mata ialah Tohoku dan Kanto.

Tohoku dikenal dengan keindahan alam bebas yang tak terjamah, juga berbagai situs yang kaya akan sejarah. Sedangkan Kanto menyajikan suasana kota modern berpadu dengan pesona kepulauan subtropis yang menawan.

Baca juga: Cara Mengajukan Bebas Visa Jepang secara Daring dan Penggunaannya

Tahun ini, musim gugur di dua wilayah tersebut diperkirakan mencapai puncak pada akhir November hingga awal Desember 2023 dengan ditandai gradasi daun yang berwarna kuning, jingga, dan merah.

Berminat menjelajahi Jepang selama musim gugur untuk berburudedaunan merah (momijigari)? Yuk, awali perjalanan dari Prefektur Miyagi, Yamagata, Gunma, Tochigi, Ibaraki, hingga berakhir di Tokyo.

Mengawali di Kota Sendai, menghabiskan malam di Naruko Onsen

Prefektur Miyagi berada di bagian tengah Tohoku dan menghadap langsung ke Samudra Pasifik. Di sini, ada kota terbesar, yakni Sendai.

Kota Sendai bisa jadi titik awal rencana perjalanan berburu momijigari. Kota ini menjadi basis ideal untuk menjelajahi wilayah Tohoku. Untuk mencapai Kota Sendai, Anda bisa naik JR Narita Express dari Bandar Udara Tokyo Narita ke Stasiun Tokyo, lanjutkan dengan Tohoku Shinkansen ke Stasiun Sendai.

Baca juga: Onsen di Jepang Ini Tawarkan Pengalaman Berendam dengan Godzilla

Sesampainya di Stasiun Sendai, perjalanan tak lengkap tanpa mencicipi gyutan. Kuliner ini bisa ditemukan di sekitar Stasiun Sendai. Tekstur gyutan yang renyah, tetapi lembut dan gurih cocok dinikmati dengan nasi putih dan sup.

Setelah puas memanjakan lidah, perjalanan berlanjut ke kuil yang dikenal dengan pagoda bertingkat tiga yang terefleksi ke kolam di dekatnya, Kuil Rinno-ji. Dari Stasiun Sendai, Anda bisa naik JR Senzan line ke Stasiun Kitayama. Lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit hingga menemukan kuil ini.

Kuil Rinno-ji menawarkan pemandangan menenangkan. Tempat ini cocok untuk bersantai sembari menikmati rindangnya pepohonan berdaun memerah di taman yang bergaya tradisional. Kuil ini dikelilingi oleh hutan. Ini pula yang membuatnya menjadi lokasi tepat untuk memanjakan mata sekaligus berburu pemandangan musim gugur.

Rute selanjutnya adalah salah satu destinasi musim gugur terbaik di Tohoku, yakni Ngarai Naruko. Dari Stasiun Sendai, Anda bisa naik Tohoku Shinkansen ke arah
Shin-Aomori, lalu turun di Stasiun Furukawa.

Baca juga: 6 Aktivitas di Dogo Onsen Jepang Selain Berendam Air Panas

Lanjutkan dengan kereta lokal JR Rikuu-East ke Stasiun Naruko Onsen. Dari stasiun tersebut, lanjutkan perjalanan menggunakan taksi sekitar 10 menit perjalanan atau bus Koyo-Go yang hanya tersedia di musim gugur, lalu turun di Naruko-kyo Nakayamadairaguchi.

Sesampainya di Ngarai Naruko, pastikan untuk mengabadikan momen ikonik ketika JR Rikuu-East melewati Ngarai Naruko dari atas Jembatan Fukazawa. Momen ini menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu para pencinta fotografi ketika berkunjung ke Ngarai Naruko.

Destinasi favorit lainnya di Ngarai Naruko ialah dek observasi yang terletak di depan Naruko Gorge Guest House. Destinasi ini menyajikan panorama yang indah. Terletak sekitar 2,2 km dari Jembatan Fukuzawa, Anda bisa berjalan kaki sembari menikmati suasana musim gugur. Naruko Gorge Guest House juga menjadi lokasi tepat untuk beristirahat, membeli makanan, atau bahkan suvenir.

Ketika malam tiba, Anda bisa kembali ke Stasiun Naruko Onsen untuk bermalam di hotel dengan pemandian air panas atau onsen di sekitarnya sembari mempersiapkan diri untuk petualangan berikutnya.

Menikmati suasana tenang di Yamagata

Hari selanjutnya, Anda bisa melakukan perjalanan dengan menelusuri ketenangan Yamagata. Dari Stasiun Naruko Onsen, Anda bisa naik JR Rikuu-East ke Stasiun Shinjo, lanjutkan dengan JR Rikuu-West ke Stasiun Furukuchi untuk menuju ke destinasi pertama, yakni Sungai Mogami.

Siap untuk berperahu di musim gugur? Naiklah ke Mogami RIver Basho Line, perahu yang akan membawa Anda menelusuri Sungai Mogami yang dikenal dengan pemandangan dedaunan merah yang terpantul pada airnya. Untuk naik perahu, Anda cukup berjalan kaki sekitar delapan menit dari Stasiun Furukuchi ke dermaga Mogami River Basho Line.

Di atas perahu, Anda akan mendengarkan nyanyian tradisional sang nahkoda yang seakan membawa Anda kembali ke masa lampau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com