Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Benteng Vredeburg Buka Malam Hari, Ada Air Mancur Menari

Kompas.com - 11/06/2024, 22:42 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Museum Benteng Vredeburg di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sudah dibuka kembali pada Sabtu (8/6/2024) setelah sebelumnya sempat direvitalisasi.

Salah satu hal baru yang bisa dinikmati wisatawan adalah jam operasional museum yang sampai malam hari pukul 22.00 WIB, dari Jumat hingga Minggu.

Baca juga: Museum Benteng Vredeburg di Yogyakarta Akan Buka Kembali Juni 2024

Namun, jangan berharap akan disambut oleh suasana horor. Sebab, Museum Benteng Vredeburg menawarkan suasana yang hangat dengan hiasan lampu, air mancur menari, dan video mapping metamorfosis perjalanan sejarah bangunan museum. 

"Salah satu tujuan dari revitalisasi Museum Benteng Vredeburg adalah untuk menyajikan museum sejarah yang relevan dan modern bagi generasi masa kini," tutur Penanggung Jawab Unit Museum Benteng Vredeburg, M. Rosyid Ridlo lewat keterangan resmi, Jumat (7/6/2024).

Ia berharap agar museum tersebut bisa berkontribusi secara signifikan sebagai ruang edukasi publik yang nyaman dan menarik. 

Baca juga:

Daya tarik baru Museum Benteng Vredeburg, ada kafe dan taman

Ilustrasi ruang pamer di Museum Benteng Vredeburg di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).Dok. Indonesian Heritage Agency Ilustrasi ruang pamer di Museum Benteng Vredeburg di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selain operasional hingga malam hari, unit museum dari Indonesian Heritage Agency (IHA) ini juga menawarkan aneka daya tarik baru.

Wisatawan bisa memperoleh informasi terkait sejarah lewat diorama dengan tampilan baru yang lebih interaktif, serta ada diorama digital yang bisa dinikmati. 

Terdapat pula Taman Patriot dan area edupark berupa ruang terbuka yang bisa dikunjungi wisatawan, serta ruang khusus anak yang edukatif. 

Ilustrasi Cafe Rustenburg di Taman Patriot di Museum Benteng Vredeburg, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.Dok. Indonesian Heritage Agency Ilustrasi Cafe Rustenburg di Taman Patriot di Museum Benteng Vredeburg, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Adapun area Bastion museum, yang mengarah ke Titik Nol Kilometer Yogtakarta, juga direvitalisasi guna diakses dan dinikmati pengunjung. 

Pengunjung yang tertarik membeli merchandise bisa ke Museum Shop, sedangkan yang tertarik untuk bersantap bisa ke Cafe Rustenburg, ROPI, dan Dawet Ireng di area Taman Patriot.

Baca juga: Jejak Pendirian PMI di Yogyakarta Ada di Museum Benteng Vredeburg

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com