Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Rekomendasi Pameran pada Juni 2024, Ada Arsip Benyamin Suaeb

Kompas.com - 12/06/2024, 08:15 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Sedang mencari kegiatan untuk mengisi libur panjang Hari Raya Idul Adha tahun ini? Mengunjungi aneka pameran seni di Jakarta bisa dicoba.

Mengunjungi pameran sesungguhnya lebih dari sekadar aktivitas mengisi hari libur. Sebab, wisatawan bisa sekaligus memperdalam pengetahuan mengenai seni dan budaya Indonesia.

Terkait hal itu, Indonesian Heritage Agency (IHA), yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), punya rekomendasi sejumlah pameran seni yang bisa dikunjungi bersama teman dan keluarga. Simak berikut ini.

Baca juga:

Rekomendasi pameran di Jakarta pada Juni 2024

1. Pameran Arsip Benyamin Suaeb "Biang Kerok"

Ilustrasi Pameran Arsip Benyamin Suaeb 'Biang Kerok' di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat.Dok. Indonesian Heritage Agency Ilustrasi Pameran Arsip Benyamin Suaeb 'Biang Kerok' di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat.

Benyamin Suaeb dikenal sebagai aktor, seniman, dan penggiat budaya Betawi yang legendaris. Beberapa filmnya yang ikonis, antara lain Samson Betawi, Benyamin Biang KerokTarsan Kota, dan Ratu Amplop. 

Untuk mengenang dan menghargai kontribusi Benyamin Suaeb dalam musik, film, dan budaya Betawi, Yayasan Irama Nusantara dan Yayasan Benyamin Suaeb  mengadakan Pameran Arsip Benyamin Suaeb "Biang Kerok". 

Didukung Dana Indonesiana dari Kemendikbudristek, pameran ini diadakan sampai Minggu (14/7/2024) di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat.

Dalam pameran ini, pengunjung bisa menikmati aneka karya sosok yang kerap disapa "Bang Ben" ini.

Selain sebagai tempat untuk menikmati karya seni tempo dulu, pameran ini juga bisa jadi tempat untuk bernostalgia bagi pengunjung yang tumbuh bersama karya-karya Benyamin Suaeb.

Aneka kegiatan pun diadakan sebagai bagian dari pameran ini, antara lain talkshow, pertunjukan musik kolaboratif, penayangan film, dan lokakarya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com