Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2020, 10:54 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Hari ini (22/9/2020) Google mengenang Benyamin Sueb, seniman Betawi yang melegenda, melalui gambar doodle karya seniman asal Indonesia bernama Isa Indra Permana.

Bagi penggemar Benyamin yang ingin melihat perjalanan karier budayawan Betawi tersebut, Taman Benyamin Sueb merupakan tempat yang harus dikunjungi.

Taman Benyamin Sueb atau pusat kebudayaan Betawi berlokasi di Jalan Jatinegara Timur, Jatinegara, Jakarta Timur. Letaknya cukup strategis karena dekat dengan Stasiun Jatinegara.

Selain menawarkan halaman yang cukup luas untuk bersantai yang dilengkapi dengan beberapa gazebo dan air mancur, wisatawan bisa melihat sejumlah koleksi peninggalan Benyamin.

Barang-barang seperti foto, pakaian termasuk baju pentas, poster film, piagam, hingga barang pribadi seperti jam tangan pun bisa ditemukan di Museum Benyamin Sueb yang berada dalam taman tersebut.

Ada juga kaset, penghargaan, dan foto-foto Benyamin sedari kecil hingga dewasa. Lukisan wajah Benyamin pun tersimpan di sana.

Baca juga: Dulu di Belanda, Kini Keris Bugis Ada di Museum Nasional

Beberapa foto yang ditampilkan dalam gedung museum sudah dilengkapi kertas informasi, sehingga pengunjung tidak perlu bingung.

Usai melihat-lihat seluruh koleksi yang ada di Museum Benyamin Sueb, manfaatkan sisa waktu untuk berkunjung ke area taman.

Sembari bersantai di dekat air mancur atau di gazebo, kamu bisa menonton atau mendengar karya Benyamin untuk mengenang pria yang akrab dipanggil Bang Ben.

Difungsikan sebagai pusat kebudayaan Betawi

Taman Benyamin Sueb dibangun di bekas Gedung Kodim 05/05 Jatinegara yang mengalami pemugaran sejak 2013.

Pada September 2018, Pemprov DKI Jakarta meresmikan Taman Benyamin Sueb dengan harapan agar bisa menjadi pusat kebudayaan Betawi dan pusat kesenian warga.

Museum Taman Benyamin Sueb, di Jalan Jatinegara Timur, Jakarta Timur, diresmikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Sabtu (22/9/2018).KOMPAS.com/RYANA ARYADITA UMASUGI Museum Taman Benyamin Sueb, di Jalan Jatinegara Timur, Jakarta Timur, diresmikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Sabtu (22/9/2018).

Tempat wisata ini dapat dikatakan sebagai mimpi Benyamin yang menjadi nyata. Pasalnya, dia ingin agar kreativitas seni budaya Betawi memiliki wadah agar mudah disalurkan ke masyarakat luas.

Revitalisasi gedung

Dalam sebuah rapat kerja di Gedung DPRD DKI Jakarta pada awal Februari 2020, Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Satria menuturkan, pihaknya mendukung adanya revitalisasi Taman Benyamin Sueb.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com