Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2020, 08:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi sebagian orang yang pernah mengoleksi boneka, mungkin boneka-boneka itu akan ditelantarkan atau dibuang entah ke mana saat sudah tidak dimainkan.

Namun, beda halnya dengan boneka-boneka di Jepang. Di Wakayama, terdapat sebuah kuil untuk boneka-boneka yang terlupakan bernama Kuil Awashima.

“Mereka meletakkan boneka-boneka di kuil untuk didoakan sebelum dibakar. Biasanya, boneka-boneka ini dikumpulkan kemudian dilarung ke laut,” kata YouTuber Billy Christian.

Baca juga: Sebuah Kuil di Jepang Larang Turis Berkunjung, Ada Apa?

Pernyataan itu ia sampaikan dalam Mystical Mystery virtual tour bertajuk Haunted Dolls, Minggu (20/9/2020).

Billy mengatakan, masyarakat Jepang memiliki kepercayaan bahwa setiap benda yang disayangi oleh seseorang akan memiliki jiwa.

Boneka-boneka yang ditaruh di Kuil Awashima untuk didoakan, Jepang.SHUTTERSTOCK / JOWSAN Boneka-boneka yang ditaruh di Kuil Awashima untuk didoakan, Jepang.

“Setiap bayi perempuan di sana biasanya pada saat lahir akan diberi satu boneka. Saat tumbuh dewasa, boneka biasanya jadi pajangan,” ujar dia.

Billy melanjutkan, biasanya boneka-boneka itu dilarung ke laut atau dibakar supaya tidak terjadi nasib buruk ke pemiliknya, sehingga banyak boneka kesayangan di kuil itu.

Kuil untuk mendoakan boneka

Orang-orang menaruh boneka yang mereka sayangi di Kuil Awashima dengan tujuan agar boneka tersebut didoakan, dibakar, atau dilarung ke laut.

Mengutip Japan Travel, bagi yang memiliki kepercayaan tertentu, mereka akan melakukan ritual memandikan boneka yang menyimbolkan bahwa mereka membersihkan jiwa.

Ritual tersebut juga dianggap sebagai penanda akan aliran kehidupan. Boneka-boneka tersebut dipercaya sebagai pengganti manusia.

Boneka-boneka yang ditaruh di Kuil Awashima untuk didoakan, Jepang.SHUTTERSTOCK / Top Photo Corporation Boneka-boneka yang ditaruh di Kuil Awashima untuk didoakan, Jepang.

Sementara itu, sebagian masyarakat Jepang menurut Atlas Obscura percaya bahwa boneka memiliki jiwa atau kekuatan untuk memberi pengaruh terhadap kehidupan manusia.

Berdasarkan kepercayaan tersebut, mereka merasa jika sembarangan membuang boneka, maka jiwa yang ada dalam boneka akan kembali menghantui mereka.

Lihat festival boneka

Kuil Awashima terkenal akan koleksi bonekanya yang beragam. Mulai dari boneka yang sudah ada sejak lama, hingga boneka terbaru.

Baca juga: Jepang Buka Travel Bubble dengan Lima Negara Asia, Ada Indonesia?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com