Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap Mudik Lewat 4 Tol Baru di Pulau Jawa

Kompas.com - 01/07/2016, 18:09 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com-Jelang Hari Raya Idul Fitri 2016, kondisi jalan di beberapa daerah mulai dipadati oleh para pemudik. Khusus para pemudik di Pulau Jawa, ada kabar gembira. Empat jalan tol baru dibuka untuk memperlancar arus kendaraan. Berikut adalah empat dari lima jalan tol baru yang sudah beroperasi dan dapat menjadi alternatif jalur mudik Anda:

1. Tol Pejagan-Brebes Timur

Guna mengurai kemacetan saat keluar dari tol Kanci-Pejagan, kini telah beroperasi tol Pejagan-Brebes Timur. Kondisi tol ini sudah layak, dan dapat berfungsi secara penuh. Di KM 252 ke arah Brebes Timur terdapat rest area yang dapat dimanfaatkan. Tarif tol Pejagan-Brebes Timur dibanderol Rp 20.000

2. Bawen- Salatiga

Kondisi tol masih dalam tahap pengerjaan dan belum laik beroperasional secara penuh. Namun ruas tol ini akan digunakan jika jalan utama Solo-Salatiga terlalu padat. Akses masuk tol dimulai dari jembatan Tuntang. Pemudik harus lebih jeli, sebab jalan masuk tol ini berada di jalan desa. Tol ini hanya dibuka sampai pukul lima sore, dan tergantung keputusan kepolisian setempat. Memasuki tol ini gratis alias tak dipungut biaya. 

3. Solo-Ngawi

Jalan tol ini sudah cukup layak meski belum difungsikan secara penuh. Khusus difungsikan hanya untuk mengatasi arus mudik dan balik. Memasuki tol ini tak dipungut biaya.  

4. Kertosono- Mojokerto

Memasuki daerah Jawa Timur pemudik dapat menggunakan ruas tol Kertosono-Jombang, kemudian Mojekorto-Krian. Dua tol ini menjadi bagian dari pembangunan ruas tol Kertosono sampai Surabaya. Memasuki tol ini dibanderol Rp 10.000.  

5. Gempol-Rembang

Sementara tol Gempol-Rembang sudah layak digunakan tetapi sayang masih terhambat karena masalah operasional izin masyarakat setempat.

Keseluruhan ruas tol ini menjadi rencana pemerintah untuk membangun jalur transportasi Trans Jawa. Dari seluruh tol tersebut hanya Tol Pejagan-Brebes Timur yang memiliki area istirahat.

Jangan lupa siapkan uang pas untuk memasuki tol untuk mengurangi antrian pintu masuk. Sebaiknya gunakan e-toll saat pembayaran. Selain lebih cepat, pemudik bisa mendapatkan diskon 20 persen tarif tol untuk yang menggunakan kartu e-toll dalam setiap transaksi.

Tak lupa, beristirahatlah jika memang lelah. Selamat mudik dan berkumpul bersama keluarga. 

Kompas Video Merapah Trans-Jawa, Kompas.com : Pejagan - Sragen
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com