Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gong Perdamaian Indonesia Dipajang di Hongaria

Kompas.com - 14/04/2008, 13:05 WIB

Laporan Wartawan Kompas, Ratih P Sudarsono

BOGOR, SENIN - Sebuah gong berdiameter dua meter terbuat dari logam kuningan akan dipasang di Kota Gondollo di Negara Hongaria, Uni Eropa. Seremonial pelepasan Gong Perdamaian Dunia asal Indonesia berlangsung di halaman Balai Kota di Jalan Juanda, Kota Bogor, Senin (14/4) pukul 10.00 WIB.

Penyerahan gong tersebut dilakukan oleh Presiden  The World Peace Committee, Djuyoto Suntani, kepada pemerintah Hongaria yang diwakili oleh Duta Besar  Honggaria Mihaly Illes. Penyerahannya ditandai dengan memukul gong tersebut secara bergiliran, setelah serangkaian sambutan yang disampaikan Walikota Bogor Diani Budiarto, Djuyoto Suntani, Mihaly Illes, dan Dirjen Informasi & Diplomasi Publik Deplu Rachmat Budiman.
    
Sebelum pemukulan itu,  ditampilkan pertunjukan seni tari Sunda bertajuk Tari Payung Pajajaran produksi Sangar Seni Getar Pakuan Kota Bogor.  Setelah itu, selubung Gong Perdamaian Dunia  yang disanggahkan pada penyaga besi dicat hitam, dibuka oleh  Deputi Internasional Komite Perdamaian Dunia Sugiharso RGM.

Yang pertama memukul gong adalah Djuyoto, selanjutnya berturut-turut Mihaly Illes, Rachmat Budiman, Diani, Duta Besar Kuba George Leon, Dubes Bosnia Dinko Tomac, wakil dari Kedutan Afsel James Theboaso, para pejabat muspida Kota Bogor, para tokoh agama dan masyarakat Kota Bogor. 

Gong Perdamaian Dunia adalah simbol perdamaian yang diciptakan Komite Perdamaian Dunia, sebuah lembaga kemasyarakatan internasional yang berbasis di Indonesia.  Gong ini menjadi sarana persaudaraan dan pemersatuan umat manusia di muka bumi ini.
    
Gong pertama kali ditabuh oleh  Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri di Bali pada 31 Desember 2002 pukul 00.00.  Acara itu juga sebagai pencanagan tahun 2003 sebagai Tahun Perdamaian Indonesia. Gong tersebut juga ditabuh oleh Sekretaris Jenderal PPB Kofi Annan di Jenewa, Swis pada 5 Februari 2003 untuk membuka Second Global on Summit World Peace, yang dihadiri tokoh dunia dari 179 negara.  
    
Gong itu dibuat oleh para perajin logm dari Gunung Muria, Jawa Tengah. Di Hongaria, gong akan dipasang di Kota Godollo pada 2 Mei mendatang. Pemasangan gong ini juga diikuti dengan peresmian "kota kembar" antara Godollo - Bogor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com