Minggu, 26 Oktober 2014

/ Travel

Indahnya Taman Laut Tanjung Lesung...

Jumat, 11 Juni 2010 | 15:35 WIB

KOMPAS.com — Jika Anda mengunjungi obyek wisata Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, maka jangan lupa mengintip habitat taman laut Tanjung Lesung yang terkenal indah dan bersih. Untuk berkenalan dengan habitat laut tersebut, pengunjung dapat mencoba olahraga snorkeling atau menyelam di permukaan.

"Kalau orang ke sini biasanya mencoba snorkeling. Kebetulan, di sini, taman lautnya bagus, ikannya bagus, terkenal bersih pantai dan lautnya," ujar manajer sebuah penginapan di pantai Tanjung Lesung, Benny Roza, yang ditemui di pantai Tanjung Lesung, Jumat (11/6/2010).

Saat Kompas.com mencoba snorkeling, tampak beberapa ikan laut beraneka warna menampakkan diri dari balik karang laut yang juga berwarna-warni. Sejumlah ikan yang tampak membentuk kerumunan berenang melintas. Tampak pula sekumpulan ikan badut bergaris kuning-putih berkumpul di sekitar anemon laut berwarna hijau.

"Ini rumahnya Nemo (ikan badut dalam film Finding Nemo), Mbak, anemon laut. Bisa dipegang ikannya. Jinak," ujar seorang pemandu snorkeling kepada Kompas.com.

Selain itu, masih ada ikan-ikan indah lainnya dan tumpukan karang unik menghiasi taman laut Tanjung Lesung. Pengunjung yang tertarik snorkeling dapat mencoba snorkeling seharga Rp 25.000 hingga Rp 75.000. Harga-harga ini tergantung lokasi ber-snorkeling per jam dan jumlah rombongan.

Hanya, menurut Benny, pada Januari hingga Februari, kondisi air taman laut biasanya keruh karena pengaruh angin barat. "Dalam setahun, ada dua bulan yang agak butek karena angin barat. Biasanya, Januari, Februari. Tapi, April sampai Oktober biasanya bagus, airnya bening," katanya.

Selain itu, pantai Tanjung Lesung yang merupakan pantai pasir putih berkarang dinilai aman bagi pengunjung untuk melakukan olahraga air lainnya. "Cenderung aman. Ombaknya enggak membawa orang. Asal pakai pelampung saja," imbuh Benny.

Pantai Tanjung Lesung terletak di desa Tanjung Jaya, Pandeglang Banten, yang jaraknya sekitar empat jam perjalanan dari Jakarta. Tertarik ke sana?


Editor : I Made Asdhiana