Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, ke "Concert for Komodo" di Kuta!

Kompas.com - 30/07/2011, 14:32 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Sebagai rangkaian aktivitas program Komodo: The Real Wonder of the World, Marketeers bekerja sama dengan KompasTV menggelar "Concert for Komodo" di Pantai Kuta, Bali, Sabtu (30/7/2011) ini. Konser menampilkan musik etnik dan tarian tradisional dari daerah NTT oleh Dwiki Dharmawan & World Peace Ensemble, Ivan Nestorman, Dira Sugandi, Sandhy Sondoro, Marcell, dan Friends of Komodo lainnya.

Pelaksanaan "Concert for Komodo" tersebut digelar untuk menggalang partisipasi publik international agar ikut peduli tentang kelestarian komodo dan program-program konservasinya. Konser ini sekaligus juga mengukuhkan Bali sebagai "Hub to Komodo". Dalam seluruh rangkaian aktivitas tersebut, ada lima hal yang akan diangkat sebagai konten promosi Taman Nasional Komodo sebagai “The Real Wonder of the World”, yaitu aspek nature, underwater, wildlife, culture, dan sustainability.

"Ke depannya bukan tidak mungkin, 'The Real Wonder of The World' ini bisa dijadikan sebagai tema untuk membesarkan situs-situs pariwisata ajaib lainnya di Indonesia," kata Hermawan Kartajaya, Duta Khusus Pariwisata Indonesia.

Dihadiri oleh ribuan wisatawan, baik asing maupun domestik yang tengah berlibur di Bali, konser ini juga menampilkan rangkaian produk wisata ke Komodo, Flores, dan NTT, yang dikoordinasi oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM), yaitu Swiss Contact. Di konser ini, LSM asal Swiss itu ikut membantu aktivitas industri pariwisata Flores dengan meluncurkan dua buku teranyarnya, yaitu "Flores: A Glimpse of the People & Culture" dan "Flores: Diving Sround Komodo".

Bagi yang berminat, panitia juga telah merancang Komodo Apps Challenge atau kontes pengembangan aplikasi mobile (Blackberry, Android, iPhone/iPad) untuk mempromosikan Taman Nasional Komodo lewat aplikasi games yang terinspirasi dari Angry Bird dan nongames. Saat ini, hampir 100 aplikasi telah didaftarkan oleh para mobile apps developers yang mengembangkan aplikasi bertemakan "Komodo: The Real Wonder of the World".

Adapun "Komodo: The Real Wonder of The World" adalah kampanye sebagai inisiatif Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata dan pihak swasta terkait untuk mengajak partisipasi para stakeholders dan publik pada umumnya mengenai konservasi Taman Nasional Komodo. Kampanye ini juga membentuk komunitas pencinta Komodo, yaitu "Friends of Komodo", baik di tingkat individual maupun korporat di Indonesia dan juga luar negeri.

Sebutlah acara "Komodo Nights", misalnya. Acara yang digelar di Sydney Opera House di Sydney dan Navy Pier di Chicago ini untuk merangkul media, biro-biro perjalanan, bloggers, dan "Friends of Komodo" di negara Australia dan Amerika Serikat untuk menjadi kontributor terbanyak wisman ke Taman Nasional Komodo. Mereka diharapkan memaparkan testimoni mereka dan juga program konservasinya bagi pulau ini.

Lebih lanjut, inisiatif ini diharapkan sebagai langkah awal kolaborasi antara Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata dan pihak swasta dalam mendukung kampanye "Wonderful Indonesia", terutama program kampanye pariwisata Indonesia terkait program "Beyond Bali" dan daerah-daerah lain di Indonesia yang penuh keajaiban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com