Jumat, 29 Agustus 2014

/ Travel

Udang Peci Bakar Muara Kuring

Minggu, 8 April 2012 | 07:36 WIB

KOMPAS.com - Ada satu restoran di daerah Muara Karang, Jakarta Utara, yang belum kesampaian untuk saya coba, padahal resto satu ini sudah berdiri lama sekali. Namanya adalah Muara Kuring yang artinya adalah kampung saya. Kalau dilihat dari namanya memang seperti resto masakan Sunda ya, tapi ternyata setelah saya mampir kesini semalam dan melihat menunya, ternyata lebih umum masakannya. Tidak hanya Sunda, ada juga masakan dari daerah lain seperti Gulai Kepala Ikan. Bahkan di depannya ditulis Seafood Khas Indonesia.

Tempatnya cukup besar dan nyaman, memang cocok untuk santap bersama keluarga atau beramai-ramai bersama teman kantor. Salah satu menu andalan disini adalah Udang Galah Bakar, tapi keluarga saya lebih memilih Udang Peci Bakar, he-he... karena isinya lebih banyak. Ikan juga menjadi salah satu pilihan kami, Ikan Baronang Bakar ala Muara Kuring. Kemudian kami juga pesan Tahu Kipas, Es Sangkuriang, dan ibu saya ingin mencoba Nasi Goreng Seafood-nya.

Sebagai pembuka saya menyantap Es Sangkuriang dulu, es berwarna merah muda ini berisi kacang merah, cingcau, dawet, kolang kaling, tape, santan dan diberi es serut, kemudian yang terakhir diberi sirup. Rasanya ya mirip dengan es campur, he-he... enak dan gurih karena ada santannya.

Tidak lama kemudian menu-menu kami pun berdatangan. Tahu Kipasnya berisi 4 buah/porsi. Enak lho tahu kipasnya, gurih dan asinnya pas banget. Renyah di bagian luarnya, isi sayurannya juga terasa enak.

Udang Bakarnya ...hmmm....yummy, bumbunya terasa asam, manis, dan asin juga. Enak lho udang peci bakarnya. Harus cobain yang ini kalau datang ke Muara Kuring. Ikan Baronang Bakarnya ya lumayan enak, bumbunya asin. Sayang tidak disajikan dengan sambal, jadi kurang mantap.

Sebenarnya sih makanannya cukup enak, terutama Udang Peci Bakar dan Tahu Kipasnya, tapi akan jadi poin lebih seandainya waiter yang melayani kami lebih informatif, lebih ramah, dan lebih cepat tanggap he-he... (Ita)


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: