Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2013, 09:49 WIB

KOMPAS.com - Langit biru dengan gumpalan awan putih menjadi latar apik ketika berkolaborasi dengan bentangan air pantai nan jernih di depan mata. Kehangatan pun terasa saat kaki menyentuh langsung butiran pasir putih yang terpapar matahari. Inilah lanskap sempurna yang sering kali dijumpai di televisi, sebagai elemen penghias dari film-film negeri seberang.

Akan tetapi, Anda tak perlu iri hati sebab negeri kita sendiri memiliki Gili Trawangan yang mampu memikat wisatawan domestik maupun mancanegara. Oleh karena itu, jangan heran jika kelak melihat banyak turis asing berjemur di sepanjang pantai.

Gili Trawangan merupakan pulau terbesar dibandingkan Gili Meno dan Gili Air. Meskipun bersama-sama berada di sebelah barat laut Lombok, ketiga gili tersebut memiliki ciri khas masing-masing. Trawangan merupakan pulau yang cenderung lebih ramai karena kerap menyelenggarakan acara hiburan di kala musim liburan sehingga cocok untuk wisatawan yang berjiwa muda.

"Waktu itu, kami memulai perjalanan dari Mataram hingga sampai di Pelabuhan Bangsal dengan lama perjalanan sekitar dua jam," ujar Albertus yang baru saja mengakhiri liburan singkatnya di Lombok pada Februari silam. Waktu tempuh yang cukup lama tak akan terasa melelahkan sebab pemandangan alam yang menenteramkan tersaji sepanjang perjalanan.

Setibanya di Pelabuhan Bangsal, wisatawan menggunakan moda transportasi perahu (public boat) berkapasitas 30 orang untuk menyeberang ke Gili Trawangan dengan tarif Rp 12.500 per orang. Anda akan menempuh perjalanan selama 30 menit sembari menikmati terpaan angin dan suara ombak yang tenang.

Aktivitas yang acap kali menjadi favorit ketika menjelajahi Trawangan adalah scuba diving, snorkeling, bermain kayak, dan berselancar. Pilihan lainnya adalah bersantai di beranda hotel, kafe, dan restoran yang tertata unik. Menikmati pesona pantai dari jauh justru dapat memberi sensasi ketenangan tersendiri.

Suguhan keindahan visual juga didukung oleh udara yang bebas polusi karena tak ada lalu-lalang kendaraan bermotor. Sepeda dan kereta kuda cidomo (sejenis delman) adalah moda transportasi yang bisa Anda gunakan untuk mengelilingi penjuru Gili Trawangan. (GPW)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com