Sabtu, 20 Desember 2014

Travel / Travel Story

Belanja Aksesoris Murah di Pasar Pagi Asemka

Jumat, 21 Juni 2013 | 19:14 WIB
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO Warga berbelanja aneka kebutuhan yang dijual pedagang kaki lima di Kawasan Pasar Pagi Asemka, Jakarta Barat, Selasa (6/11/2012). Banyak pedagang kaki lima berharap agar biaya sewa lapak tidak terlalu mahal jika nantinya harus pindah ke dalam pasar.
MENCARI pernak-pernik aksesoris murah di Jakarta, paling tepat kalau menyambangi Pasar Pagi Asemka di sekitar Kota Tua, Jakarta Barat. Tak hanya aksesoris, pasar pagi ini juga menyediakan berbagai macam mainan murah-meriah untuk anak-anak.

Pasar pagi Asemka terletak di kolong jembatan layang Jembatan Lima, Tambora Jakarta Barat. Terdapat ratusan kios yang menawarkan berbagai macam pernak-pernik seperti jepitan rambut, bros, ikat rambut, bando, dan pernak-pernik lainnya.

Pasar ini juga menyediakan kalung, alat tulis sekolah, dan berbagai macam mainan murah untuk anak-anak. Bagi pengunjung yang mendatangi pasar pagi ini, jangan sia-siakan tenaga dan waktu anda dengan hanya berbelanja satu atau dua buah aksesoris.

Pasar pagi Asemka menawarkan harga yang sangat miring bagi pengunjung yang berbelanja dalan jumlah banyak. Harga yang ditawarkan pun bisa 50 persen lebih murah dibanding membeli di pasar lain atau di dalam mal.

Eni Latifah (33) warga Kukusan, Depok sengaja mendatangi pasar pagi ini untuk berbelanja alat tulis sekolah maupun aksesoris wanita seperti ikat rambut dan jepitan. Dia lebih memilih berbelanja di Pasar Pagi Asemka karena harganya terbilang lebih murah dibanding pasar Jatinegara maupun pasar Tanah Abang.

"Kalau di sini lebih murah dibanding Jatinegara dan Tanah Abang. Beda harganya bisa sampai 10 ribu per lusin. Tapi tergantung barangnya juga sih ya," kata Eni di Pasar Pagi Asemka.

Pasar Pagi Asemka memang menjadi pusat belanja murah pernak pernik dan aksesoris. Jika Tanah Abang menjadi icon baju murah, maka untuk mendapatkan harga miring aksesoris maupun mainan bisa didapatkan di pasar pagi Asemka.

Untuk bros peniti misalnya, harga yang ditawarkan di pasar pagi Asemka sebesar Rp 15.000 per tiga buah. Padahal untuk barang yang sama dan diecerkan di pasar-pasar biasa, harganya bisa mencapai Rp 10.000 per satu bros peniti.

Selain peniti, tas sekolah untuk anak kecil yang menggambarkan karakter kartun juga ditawarkan dengan harga murah. Untuk tas berkarakter Hello Kitty maupun Mickey Mouse dihargai sebesar Rp 50.000 per buah.

Padahal, jika sudah berada di Pasar Jaya, tas tersebut bisa dibandrol seharga Rp 75.000 per satu buah tas. Tapi perlu diketahui, untuk mendapatkan harga yang miring, pembeli harus mau membeli lusinan atau minimal 3 buah barang per satu item.

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO Warga berbelanja aneka kebutuhan yang dijual pedagang kaki lima di Kawasan Pasar Pagi Asemka, Jakarta Barat, Selasa (6/11/2012). Banyak pedagang kaki lima berharap agar biaya sewa lapak tidak terlalu mahal jika nantinya harus pindah ke dalam pasar.
Pasar Asemka ini buka mulai 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Jika pengunjung merasa lapar dan haus, makanan dan jajanan juga banyak tersedia di pasar ini. Seperti halnya soto mie atau pecel sayuran. Harga soto mie hanya sebesar Rp 6.000 per mangkok, sedangkan pecel sayur dengan menggunakan lontong berkisar Rp 8.000 per porsi.

Akses untuk bisa sampai ke pasar Asemka pun terbilang sangat mudah. Pengunjung bisa memanfaatkan transportasi andalan Jakarta, Transjakarta. Dengan biaya Rp 3.500 dengan membeli tiket Transjakarta, pengunjung bisa cepat sampai di lokasi pasar pagi Asemka ini. Bus Transjakarta yang sampai ke Pasar Pagi Asemka yaitu koridor satu arah Blok M - Jakarta Kota.

Jika pengunjung berada dari arah Cawang, bisa transit di selter Semanggi dan pindah armada Transjakarta ke koridor satu. Sedangkan jika pengunjung berada dari arah Lebak Bulus bisa transit di Harmoni untuk sampai di selter Jakarta Kota.

Setelah sampai di selter Jakarta Kota, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 100 meter untuk sampai di pusat pertokoan. Tapi jangan takut, jarak 100 meter tidak akan terasa bagi pengunjung karena sepanjang jalan tersebut sudah banyak penawaran barang-barang menarik yang murah meriah.

Tak lengkap rasanya datang ke Jakarta tanpa menyambangi pasar pagi Asemka di bilangan Kota Tua, Tambora, Jakarta Barat. Selamat berbelanja!
Penulis: Alfiyyatur Rohmah
Editor : I Made Asdhiana