Kamis, 31 Juli 2014

Travel / Travel Story

Pasar Taman Puring, Surganya Sepatu Murah

Kamis, 8 Agustus 2013 | 10:43 WIB
KOMPAS.com/Tri Wahyuni Pasar Taman Puring, Jakarta.
KOMPAS.com – Jakarta memang patut menyandang gelar sebagai destinasi wisata belanja. Pasalnya, Jakarta memiliki tempat belanja dari harga ningrat sampai merakyat.

Salah satunya adalah Pasar Taman Puring. Pasar ini terkenal dengan beragam sepatu yang ditawarkan. Anda bisa menemukan sepatu-sepatu berkualitas dengan harga yang terjangkau dan bisa ditawar.

Terletak di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Pasar Taman Puring menjadi incaran semua kalangan. Tua, muda, laki-laki, maupun perempuan, semua berbelanja di sini. Tentu, kebanyakan dari mereka mencari sepatu.

Sepatu yang dijual di Pasar Taman Puring memiliki jenis yang beragam. Mulai dari sepatu sekolah, sepatu olahraga, sepatu untuk bekerja, sepatu boots, sepatu kets, sepatu trekking, sampai sepatu hiking. Bahkan ada juga sepatu wanita seperti flat shoes, wedges, dan high heels.

KOMPAS.com/Tri Wahyuni Pasar Taman Puring, Jakarta.
Pilihannya sangat beragam. Begitu juga dengan kualitasnya. Ada sepatu dengan kualitas original sampai sepatu buatan lokal. Model dan warnanya juga sangat menarik mata. Mulai dari model klasik sampai keluaran terbaru pun ada.

Banyaknya sepatu dengan beragam model dan warna sering membuat pelanggan kewalahan. Misalnya saja Eva. Ia khusus datang dari Bogor ke Pasar Taman Puring, hanya untuk membeli sepatu sekolah untuk anaknya.

Dari jam sebelas siang sampai jam dua siang, anaknya masih sibuk memilih sepatu di sana-sini. Sementara Eva hanya duduk akibat kelelahan. Eva dan anaknya mengaku sering mengunjungi pasar ini karena harga murah dan barangnya awet.

Untuk kisaran harga, sepatu di Pasar Taman Puring memang tergolong murah. Anda bisa mendapatkan sepatu mulai dari harga Rp 50.000 sampai ratusan ribu rupiah, tergantung kualitas barang yang diinginkan. Jika Anda ingin berbelanja dalam skala besar, Anda bisa mendapatkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan membeli satuan.

Pembeli di Pasar Taman Puring tidak hanya membeli untuk kepentingan pribadi. Banyak juga pengunjung yang membeli dengan jumlah yang besar untuk dijual lagi. Salah satunya adalah Ridwan. Pria asal Sulawesi ini membeli banyak sepatu dan baju untuk di jual lagi.

“Saya beli sepatu satu lusin, baju dua lusin. Di sini enak bisa dapat harga murah,” kata Ridwan.

Harga yang murah mengakibatkan pasar ini selalu dipadati pengunjung, apalagi ketika akhir pekan tiba. Ratusan manusia memenuhi gang-gang pertokoan yang sempit. Jika pasar ini sedang penuh, berjalan pun akan sulit. Maklum, ukuran pasar dengan jumlah kios sebanyak 710 buah ini memang tidak terlalu besar.

KOMPAS.com/Tri Wahyuni Pasar Taman Puring, Jakarta.
Walaupun pasar sangat padat ketika ramai pengunjung, Anda tidak perlu khawatir dengan urusan keamanan pasar. Menurut Kepala Keamanan Pasar Taman Puring, M. Zein, selama ini tidak ada pengaduan tentang tidakan kriminalitas yang terjadi di pasar.

“Sampai hari ini keamanan, baik di dalam maupun di lingkungan, aman. Tidak ada keluhan dari pedagang dan konsumen," kata Zein.

Terjaminnya keamanan di pasar ini juga didukung oleh adanya kantor polisi tepat di sebelah pasar. Pasar Taman Puring merupakan bangunan yang memiliki dua lantai. Di lantai satu, terdapat 626 kios, sementara di lantau dua terdapat 84 kios. Fasilitas di sini cukup lengkap. Ada toilet umum, mushola, tempat parkir, dan tempat makan.

Tidak hanya sepatu

Walaupun terkenal sebagai pasar sepatu namun barang yang dijual di Pasar Taman Puring cukup beragam. Dari barang baru sampai barang bekas pun berani dijajakan. Selain sepatu ada pula sandal, baju, dan celana.

Untuk baju, ada kaos, kemeja, sampai jaket. Pasar Taman Puring juga menjual aksesoris seperti topi, gelang, kalung, cincin, tas, ikat pinggang, dompet, serta jam tangan. Peralatan eletronik juga ada. Beberapa kios juga menjual peralatan olahraga.

Di lantai dua, Anda juga bisa menemukan penjual kaset, CD, bahkan piringan hitam. Kebanyakan yang dijual adalah karya musisi lama. Namun, Anda juga bisa menemukan yang musik-musik terbaru di sini.

Lokasi strategis

Pasar Taman Puring memiliki lokasi yang strategis. Hal ini dikarenakan banyak angkutan umum yang melewati pasar tersebut. Dari Terminal Blok M, Anda cukup naik angkutan umum sekali saja untuk mencapai pasar ini.

Namun, lokasinya tepat berada di pinggir jalan. Jadi di saat jumlah pengunjung sedang membludak dan parkiran penuh, kawasan ini sering macet karena bahu jalan dijadikan tempat parkir.

Untuk Anda yang lelah berbelanja, Anda bisa melepas penat dan bersantai di Taman Puring. Lokasinya tepat di sebelah Pasar Taman Puring. Tempatnya yang hijau dan rimbun cocok sekali untuk melepas lelah. Di taman ini juga disediakan bangku untuk pengunjung bersantai.
Penulis: Nicky Aulia Widadio
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F