Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel di Bali Dipadati Wisatawan Domestik

Kompas.com - 14/10/2013, 16:14 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com - Hotel di sejumlah obyek wisata di Provinsi Bali sebagian besar dipadati wisatawan domestik dari sejumlah kota di Tanah Air untuk memanfaatkan libur panjang Hari Raya Idul Adha. "Rata-rata tingkat hunian hotel di Bali mencapai hingga 72 persen," kata Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya di Denpasar, Senin (14/10/2013).

Tingkat hunian hotel di beberapa kawasan wisata di antaranya Kuta, Nusa Dua, dan Ubud berada pada kisaran 65-78 persen. "Kawasan wisata Kuta, rata-rata tingkat hunian hotelnya berada pada kisaran 78 persen," ucap Suryawijaya yang juga Ketua PHRI Badung itu.

Dia memperkirakan jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara akan terus mengalami peningkatan hingga akhir tahun.

Walaupun terjadi lonjakan okupansi hotel oleh wisatawan domestik, namun PHRI Bali tidak bisa semena-mena menaikkan harga kamar karena sebelumnya telah melalui kesepakatan dengan pengelola biro perjalanan. Namun untuk pemesanan harga kamar melalui ’online’, harga kamar bisa berubah.

Meski demikian tingkat hunian hotel tersebut cenderung menurun setelah perhelatan KTT APEC, khususnya di kawasan wisata Nusa Dua dimana hampir seluruh delegasi menginap di kawasan elit itu.

Pasca pelaksanaan KTT APEC, menurut Suryawijaya, diyakini akan membawa dampak yang signifkan bagi perkembangan pariwisata Pulau Dewata untuk tahun mendatang. "Bali sukses menggelar Miss World dan juga KTT APEC, maka saya yakin ini akan berdampak positif bagi tahun 2014 nanti," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com