Merencanakan Liburan dengan Lansia - Kompas.com

Merencanakan Liburan dengan Lansia

Kontributor Travel, Sri Noviyanti
Kompas.com - 07/09/2014, 14:34 WIB
KOMPAS/YULVIANUS HARJONO Taman Lansia di Bandung

KOMPAS.com – Waktu liburan adalah waktu yang ditunggu-tunggu. Maka tak ada salahnya merencanakannya agar waktu liburan tak berakhir dengan sia-sia. Kalau biasanya saat merencanakan liburan, Anda lebih senang mencatat nama teman-teman yang akan diajak bagaimana kalau liburan mendatang rencanakan liburan bersama orangtua? Sayangnya, kebanyakan orang menganggap terlalu sulit mengajak orangtua bepergian dengan alasan kesehatan  apalagi kalau yang mempunyai orangtua dengan kategori umur di atas 65 tahun. Padahal kalau direncanakan dengan matang, perjalanan bersama mereka bisa tetap menyenangkan. Apa saja yang dibutuhkan?

Rencanakan jauh-jauh hari. Pergi bersama mereka yang sudah lanjut usia (lansia) tak dapat dilakukan mendadak. Utamanya, Anda perlu memperhatikan kesehatannya sebelum merencanakan liburan. Ada baiknya melakukan tes kesehatan sebelum melakukan perjalanan. Minta saran dan petunjuk dokter sebelum berpergian.

Pilih destinasi yang tepat. Pilihan destinasi harus sesuai dengan stamina tubuh. Untuk mengajak lansia, sebaiknya pilih destinasi yang tak memerlukan waktu tempuh yang panjang di perjalanan. Selain itu, cari destinasi yang tak begitu menantang, memiliki akses yang mudah dan fasilitas penginapan yang nyaman. Pastikan juga, destinasi wisata yang dituju tak membutuhkan aktivitas yang menguras energi.

Transportasi aman dan nyaman. Setelah pilih destinasi, atur pilihan transportasi. Pilihlah yang nyaman agar Anda ataupun orang tua tetap dapat menikmati perjalanan tanpa khawatir dengan keselamatan dan tempat duduk yang membuat badan mudah lelah.

Siapkan asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan sering kali diabaikan oleh traveler muda, tetapi tak ada alasan untuk tak memakai jasa asuransi perjalanan ketika mengajak lansia bepergian. Hal ini tentu saja dilakukan untuk meminimalkan risiko akan hal-hal yang tak diinginkan.

Bawa perlengkapan khusus. Perlengkapan khusus dapat berupa obat-obatan dan peralatan saat di perjalanan seperti botol minum hingga selimut tambahan. Jangan lupa juga untuk menyimpan catatan berisi nomor telepon penting seperti rumah sakit.

Perhatikan makanan. Saat bepergian, hal utama yang juga harus diperhatikan adalah makanan. Tak semua lansia masih dapat menikmati semua makanan saat berwisata kuliner saat melakukan destinasi wisata. Perhatikan kebersihan dan kadar kolesterolnya selain pilihan yang tentunya juga harus cocok di lidah mereka.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Travel, Sri Noviyanti
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM