Minggu, 26 Maret 2017

Travel

TAG
  • #Bromo
  • #Ridho Rhoma
  • #Pramuka
  • #Adinda Thomas

Cari Inspirasi Wisata "Anti Mainstream"? Kunjungi Indie Travel Mart

KOMPAS/RINI KUSTIASIH Pulau Kenawa di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, merupakan salah satu dari delapan pulau dalam gugusan pulau yang disebut Gili Balu di Selat Alas. Delapan pulau itu memiliki kekhasan masing-masing, termasuk Pulau Kenawa. Pengunjung berdatangan untuk melihat keindahan Pulau Kenawa. Foto diambil pada Rabu (8/4/2015).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda mencari paket-paket perjalanan yang "non-mainstream", pameran pariwisata Indie Travel Mart (ITM) 2015 bisa jadi referensi. Pameran ini akan digelar pada 12-14 November 2015 mendatang di lobi Cilandak Town Square, Jakarta dan diikuti oleh 50 agen perjalanan.

"Kita punya sekitar 3.000 destinasi di database Triptrus.com. Kita ingin menunjukkan destinasi dan paket yang non-mainstream. Kita ingin mengenalkan kepada masyarakat," kata CEO TripTrus.com, Brahmantya Sakti kepada pewarta saat jumpa pers "Indie Travel Mart 2015" di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Brahmantya mengatakan para wisatawan dapat langsung membeli paket-paket wisata yang ditawarkan oleh para agen pariwisata yang mengikuti pameran ITM 2015. Ia mengatakan terdapat berbagai destinasi-destinasi wisata yang akan ditawarkan pada penyelenggaraan pameran.

"Ada paket perjalanan mulai dari Sabang sampai Raja Ampat. Misalnya Pahawang, Pulai Kei, Pulau Kenawa, Menjangan, Sumba, Alor, Bajawa, Wae Rebo, Baluran, dan masih banyak lain," jelas dia.

Sementara, untuk jenis-jenis wisata, Brahmantya mengatakan terdapat wisata alam dan budaya mulai dari gunung, pantai, gua, dan juga bawah laut. Jenis-jenis wisata alam tersebut, menurut Brahmantya, diminati oleh wisatawan usia muda di Indonesia.

ARSIP KOMPAS TV Keindahan bawah laut di Alor, Nusa Tenggara Timur.
"Yang anti mainstream ini banyak disukai anak muda. Segmen nanti di ITM berangkat dari hobi anak muda," ujar Brahmantya.

Harga paket-paket wisata yang ditawarkan pada Indie Travel Mart 2015, lanjut Brahmantya, berkisar dari Rp 100.000 hingga Rp 5 juta-an untuk satu orang wisatawan. Harga termurah yakni Rp 100.000 untuk paket wisata jelajah ke tiga pulau di Kepulauan Seribu dan Rp 5 juta-an menuju Raja Ampat.

Pameran pariwisata Indie Travel Mart 2015 diselenggarakan di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan mulai pukul 10.00 - 21.00 WIB. Selain acara penjualan paket-paket wisata, terdapat pula musisi seperti RAN, Mahesa Utama, Souljah, talkshow seputar wisata nusantara, dan pertunjukkan kesenian daerah. Wisatawan tidak dikenakan biaya untuk masuk ke pameran wisata Indie Travel Mart 2015.

Penulis: Wahyu Adityo Prodjo
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F