Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/02/2016, 17:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Pos pendakian Gubber Hood bisa menjadi alternatif berkemah saat mendaki Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat. Biasanya, pendaki berkemah di Pos Pondok Salada.

Jika Pos Pondok Salada telah dipenuhi pendaki, Gubber Hood bisa menjadi pilihan. Pos Pondok Salada menjadi tempat berkemah pendaki karena lahan yang luas yang bisa menampung hingga ratusan tenda.

Lokasinya dekat dengan lokasi Hutan Mati. Selain itu, ada warung dan toilet yang menjadi daya tarik untuk berkemah di sana.

(Baca: Mau Mendaki Gunung Papandayan? Baca Tips Ini Dulu...)

Sementara itu, area kemah Pos Gubber Hood berada di persimpangan Pos Pondok Salada setelah melewati celah bukit bernama Lawang Angin. Dari persimpangan itu, pendaki langsung menuju celah berupa puncak punggung gunung (igir-igir) menuju Pos Gubber Hood.

KompasTravel pekan lalu mencoba untuk berkemah di Pos Gubber Hood. Di sepanjang igir-igir terlihat pendaki yang membuka tenda dan bermalam. Di sepanjang igir-igir jalur menuju Pos Gubber bisa memuat sekitar 10 tenda.

(Baca:  Tak Hanya Manusia, Motor Pun Mendaki Gunung Papandayan)

Seorang pengendara motor yang berasal dari Desa Kramat Wangi di kaki Gunung Papandayan, Ica (45) mengatakan, Pos Gubber Hood bisa menjadi tempat berkemah pendaki. Ia beralasan, Pos Gubber Hood memiliki tempat yang cukup luas yang dapat menampung pendaki.

"Jadi kalau di Pos Pondok Salada penuh, bisa kemah di sana Gubber Hood karena sepi di sana," kata Ica saat ditemui KompasTravel di Persimpangan Pos Pondok Salada dan Pos Gubber Hood.

Wahyu Adityo Prodjo / KOMPAS.com Lahan kemah di Pos Pendakian Gubber Hood Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat, Minggu (21/2/2016) pagi.
Pantauan KompasTravel di ujung igir-igir terdapat lahan kemah yang ditutupi oleh pepohonan yang bisa menampung hingga 20 tenda. Pekan lalu, sekitar 5-7 berkemah di Pos Gubber Hood. 

Medan untuk berkemah di Pos Gubber Hood juga didominasi tanah datar dan tak banyak berbatu. Adanya pohon yang tumbuh di sekitar Pos Hubber Hood juga melindungi kemah dari tiupan angin malam hari dan juga sinar matahari pada siang hari.

Jika berkemah di Pos Gubber Hood, pendaki juga bisa dapat menemukan toilet dan juga sumber air bersih. Toilet dan sumber air bersih tersebut terletak di belakang warung yang ada tepat berada di Persimpangan Pos Pondok Salada - Gubber Hood.

(Baca: Panduan Transportasi Menuju Gunung Papandayan)

Pos Gubber Hood berjarak sekitar 1-2 kilometer dari titik awal pendakian, Camp David dan sekitar 100-150 meter dari Persimpangan Pondok Salada - Pos Gubber Hood. Jika ragu tentang lokasi Pos Gubber Hood, pendaki bisa bertanya kepada warga lokal ataupun warung yang ada di Persimpangan Pos Pondok Salada - Pos Gubber Hood.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com