15.000 Wisatawan Kunjungi Goa Pindul - Kompas.com

15.000 Wisatawan Kunjungi Goa Pindul

Kompas.com - 28/03/2016, 10:03 WIB
KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ Mengambang di atas ban, menyusuri Goa Pindul.

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Sebanyak 15.000 pengunjung per hari mendatangi obyek wisata Goa Pindul, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama liburan Paskah 2016.

Koordinator Petugas Tempat Penarikan Retribusi I Goa Pindul Rudi Susanto di Gunungkidul, Minggu (27/3/2016), mengatakan bahwa pada masa libur Paskah tahun ini terjadi lonjakan jumlah pengunjung lima sampai sembilan kali lipat jika dibandingakan dengan kunjungan pada hari biasa.

"Hal ini dapat kita lihat dari jumlah pemasukan. Pada hari Sabtu (26/3/2016), kami berhasil mendapatkan pemasukan sebanyak Rp 9.220.000," kata Rudi.

Menurut dia, jumlah tersebut merupakan jumlah wisatawan yang melalui TPR I Goa Pindul, sedangkan dalam obyek wisata Goa Pindul sendiri masih terdapat sejumlah TPR, seperti di Ngawis dan Karangtengah.

"Kalau ditotal, setiap harinya bisa mencapai 15.000 wisatawan, sedangkan pada hari biasa sekitar 3.000 wisatawan," katanya.

KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL View goa pertama di Kalisuci, Gunung Kidul, Yogayakarta nampak sangat indah, dan menantang adrenalin peserta cave tubing.
Ia memprediksi puncak perayaan liburan panjang terjadi pada hari Sabtu (26/3/2016). Meskipun begitu, pihaknya yakin masih akan ada lonjakan wisatawan pada hari Minggu.

"Kalau yang hari ini mungkin akan lebih sedikit jika dibandingkan pada hari Sabtu kemarin," katanya.

Rudi mengakui dengan banyaknya kunjungan wisatawan masih banyak yang melalui jalur bukan resmi.

Untuk itu, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Pihaknya membuka loket dari 07.00 sampai dengan 16.00 WIB. "Kami terus melakukan koordinasi agar tidak ada kebocoran retribusi," katanya.

Sementara itu, wisatawan asal Yogyakarta, Sutrisno mengatakan bahwa dirinya datang berlibur ke Goa Pindul karena ingin mendekatkan keluarganya ke alam.

Ia mengaku memilih pada hari Minggu untuk menghindari kepadatan pada hari Sabtu (26/3/2016). "Memilih hari Minggu karena kemungkinan sepi," katanya.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Mengambang di atas ban karet. Memasuki mulut obyek wisata Goa Pindul di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.
Sebelumnya, Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan bahwa kunjungan wisata pantai masih mendominasi ke Kabupaten Gunungkidul.

Hal itu, menurut Hary, bisa dilihat dengan peningkatan volume kendaraan yang menuju ke wilayah Gunungkidul.

"Kami menargetkan 50.000 kunjungan wisatawan selama 3 hari libur dengan puncak kunjungan pada hari Sabtu (26/3/2016)," katanya.


EditorI Made Asdhiana
SumberAntara
Komentar

Close Ads X