Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Indonesia "Doyan" Mengatur Perjalanannya Sendiri

Kompas.com - 30/03/2016, 23:06 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah studi mengungkapkan wisatawan Indonesia yang berwisata ke luar negeri selalu merencanakan dan mengatur perjalanan sendiri. Hal tersebut terungkap dari hasil studi Visa Global Travel Intentions Study 2015 yang dilakukan oleh perusahaan penyedia kartu kredit Visa.

Wisatawan yang merencanakan dan mengatur perjalanan sendiri tersebut berjumlah sebanyak 57 persen dari hasil studi yang dilakukan. Hasil tersebut menunjukkan, wisatawan ingin memaksimalkan setiap kesempatan yang ada di destinasi tersebut secara spontan untuk menjelajah dan mendapatkan pengalaman unik dari perjalanan tersebut.

"Semakin banyak wisatawan Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri maupun di dalam Indonesia untuk mencari pengalaman unik yang hanya bisa didapat dan dirasakan di tempat tujuan tersebut (authentic local experiences),” kata Ellyana Fuad, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia seperti termuat dalam siaran pers.

Studi juga mengungkapkan bahwa di tahap perencanaan dan pemesanan, 73 persen wisatawan Indonesia lebih suka menggunakan kartu pembayaran karena 71 persen dari responeden menganggap bahwa kartu pembayaran adalah cara yang lebih baik untuk membayar, preferensi sebanyak 70 persen, dan persepsi bahwa kartu memberikan keuntungan yang lebih berada di angka 69 persen.

“Visa sebagai perusahaan pembayaran elektronik terkemuka di dunia, akan terus meningkatkan layanan dalam memberikan akses, penerimaan kartu yang luas baik di merchant maupun ATM, kenyamanan dan keamanan sehingga para pemegang kartu Visa yang melakukan perjalanan bisa lebih menikmati dalam menjelajahi tempat tujuan, di mana pun mereka berada,” tutup Ellyana .

Baru-baru ini Visa meluncurkan kampanye #CiptakanPengalaman di Indonesia yang merupakan bagian dari kampanye global Visa yaitu #notatourist. Kampanye ini bertujuan untuk menginspirasi para wisatawan Indonesia untuk menjelajahi tempat-tempat baru yang tidak hanya tempat-tempat biasa dikunjungi oleh para turis, sehingga bisa mendapatkan pengalaman yang baru, unik dan otentik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com