Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Terbang, Beli Oleh-oleh Dulu di Sini...

Kompas.com - 25/04/2016, 15:46 WIB
Kontributor Travel, Fira Abdurachman

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sempat belanja oleh-oleh sehabis jalan-jalan di Jakarta? Jangan khawatir. Sekarang pusat oleh-oleh Bakul Nusantara ada di dekat Bandara Soekarno-Hatta.

Tempatnya memang strategis. Sekitar 15 menit sebelum Bandara Soekarno-Hatta. Tepatnya di Airport Hub Mall, Jalan Husen Sastranegara. Mal ini juga terhubung langsung dengan SwissBel International Hotel.

Di sini tersedia berbagai macam oleh-oleh khas Indonesia. Mulai makanan ringan, suvenir, termasuk batik.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Bakul Nusantara di Airpor Hub Jakarta.
"Semua diambil dari tiap daerah. Dikirim ke sini. Semua produk lokal dan rasanya khas Indonesia," kata Faranny Muljono, Direktur Pusat Oleh-oleh Bakul Nusantara kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (23/4/2016).

Bakul Nusantara membidik pasar turis lokal maupun mancanegara. Dengan bekerja sama dengan agen-agen perjalanan, Faranny yakin bahwa bisnis oleh-oleh khas lokal akan ramai dan diminati.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Berbagai makanan khas Indonesia di Bakul Nusantara.
"Sekalian juga memperkenalkan produk lokal kepada dunia melalui turis-turisnya," ucap Faranny di sela-sela pembukaan Bakul Nusantara.

Suasana toko Bakul Nusantara ini terkesan modern. Para pelanggan disuguhi suasana santai untuk berbelanja. Bisa menggunakan keranjang atau troli. Pelanggan bebas memilah dan memilih ratusan macam oleh-oleh yang tersedia di rak-rak.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Suvenir khas Indonesia di Bakul Nusantara.
KompasTravel tertarik dengan sirup Tjampolay khas Cirebon dan Siropen khas Jawa Timur. Keduanya adalah sirup khas lokal yang tidak mudah lagi ditemui di banyak tempat. Harganya juga tidak beda jauh dari harga pasaran, yaitu Rp 20.000 per botol.

Untuk rombongan turis, di pusat belanja juga tersedia parkir yang luas untuk bus ukuran besar.  Bakul Nusantara buka mulai jam 10.00 sampai 22.00.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Colenak, salah satu andalan makanan khas Indonesia di Bakul Nusantara.
Bakul Nusantara juga menawarkan menu makanan dan minuman khas Indonesia. Ada rawon tulang, bebek goreng kremes, dan bandeng dabu-dabu. Termasuk makanan ringannya ada colenak, rujak es krim, atau es cendol.

Jadi tak perlu khawatir bila belum sempat beli oleh-oleh. Sebelum terbang, silahkan mampir dulu ke Bakul Nusantara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com